Harga Daging Sapi di Kulonprogo Stabil

Pedagang daging sedang menunggu pembeli di Pasar Wates, Kapanewo Wates, Kabupaten Kulonprogo, Jumat (22/1/2021). - Harian Jogja/Jalu Rahman Dewantara
23 Januari 2021 07:27 WIB Jalu Rahman Dewantara Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO-Harga daging sapi di Pasar Wates, Kabupaten Kulonprogo terpantau stabil. Tak ada kenaikan yang signifikan seperti yang terjadi di wilayah Jakarta Bogor Depok dan Tangerang (Jabodetabek).

Salah satu pedagang daging, Yuli mengatakan pada Jumat (22/1/2021) harga daging sapi di lapaknya berkisar Rp125.000 per Kg. Menurutnya harga tersebut cukup stabil dan tidak mengalami perubahan berarti.

"Kalau di sini normalnya memang segitu, dan tidak ada perubahan harga setidaknya sejak dua bulan terakhir," kata Yuli.

Baca juga: Dalam Sepekan, 19 Kali Awan Panas meluncur dari Merapi

Dikatakan Yuli, stabilnya harga karena ketersediaan barang mencukupi. Permintaan dari konsumen juga cenderung normal, sehingga kemungkinan harga berubah sangat kecil.

Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) juga memastikan harga daging sapi di Kulonprogo stabil. Hal itu berdasarkan pemantauan di lima pasar tradisional, di antaranya Pasar Wates, Bendungan dan Sentolo.

"Data per 21 Januari 2021 kemarin harga daging sapi untuk has atau bagian tengah badan sekitar Rp129.000 per Kg, sementara daging sapi semur Rp119.000 per Kg," terang Kepala Disperindag Kulonprogo, Iffah Mufidati.

Baca juga: Pegawai Terpapar Covid-19, Disdukcapil Sleman Batasi Pelayanan

Menurut Iffah ketersediaan daging sapi di pasaran juga cukup aman. Sejauh ini pihaknya belum menemukan adanya laporan tentang kelangkaan komoditas tersebut.

"Sampai hari ini masih aman, tapi jika nanti terjadi kelangkaan kami bersama dengan Disperindag DIY dan Satgas Pangan akan turun tangan," ujarnya.