Advertisement

Kamis Lusa, Vaksinasi Covid-19 di Bantul Dimulai

Jumali
Selasa, 26 Januari 2021 - 12:37 WIB
Budi Cahyana
Kamis Lusa, Vaksinasi Covid-19 di Bantul Dimulai 10.764 dosis vaksin Sinovac diterima oleh Dinkes Bantul, Selasa (26/1/2021). - Harian Jogja/Jumali

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Vaksinasi Covid-19 di  Bantul dimulai pada Kamis (28/1/2021) lusa.

Selain 5.370 tenaga kesehatan, ada 12 orang yang terdiri dari Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (forkompimda) Bantul, tokoh agama, dan perwakilan ikatan dokter serta pedagang pasar yang akan menerima vaksin Sinovac.

Advertisement

BACA JUGA: Bupati Bantul Terpilih dan Istri Positif Covid-19

“Vaksinasi pertama secara simbolis untuk 12 orang yang ditunjuk di RSUD Panembahan Senopati. Selanjutnya akan untuk tenaga kesehatan lainnya,” kata Kepala Dinas Kesehatan Bantul Agus Budiraharja, Selasa (26/1/2021).

Bantul telah menerima 10.764 dosis vaksin Sinovac. Vaksin itu dikirim dari Gudang Dinkes DIY ke kantor Dinkes Bantul menggunakan dua unit mobil dan mendapatkan pengawalan ketat dari kepolisian. Vaksin Sinovac saat ini berada di ruang imunisasi dan ditempatkan di sejumlah cold chain.

Menurut Agus, sebanyak 10.764 dosis vaksin Sinovac yang diterima masih belum mencukupi kebutuhan vaksin untuk tenaga medis. Dia berharap agar ada tambahan vaksin.

BACA JUGA: Merapi Luncurkan Awan Panas ke Kali Krasak dan Boyong

“Kami targetkan vaksinasi untuk nakes kali ini sekitar dua pekan sudah selesai,” kata Agus.

Kepala Seksi Surveilans dan Imunisasi, Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit, Dinas Kesehatan Bantul, Abednego Dani Nugroho menambahkan lokasi vaksinasi (faskes mampu Covid-19) ada di 27 puskesmas, enam rumah sakit dan satu poliklinik. Sementara, vaksinator ada delapan sampai 10 petugas di setiap faskes.

“Jadi kalau dihitung-hitung. Sekali pelayanan ada tiga jam. Satu jam ada 20 orang mampu divaksin. Tapi, vaksinasi ini enggak boleh ganggu pelayanan. Pelaksanaan diserahkan ke masing-masing faskes,” kata Abed.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Izin Tinggal Peralihan Jembatani Proses Transisi Izin Tinggal WNA di RI

News
| Jum'at, 26 April 2024, 10:07 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement