Hanya 62 Orang yang Divaksin di Bantul pada Hari Pertama

Ilustrasi vaksinasi Covid-19. - Harian Jogja/Desi Suryanto
27 Januari 2021 14:07 WIB Jumali Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL—Vaksinasi Covid-19 tahap pertama di Bantul mulai dijalankan Kamis (28/1/2021) pagi di RSUD Panembahan Senopati (RSPS).

Sebanyak 62 orang menerima vaksin Sinovac pada penyuntikan hari pertama. Mereka adalah 12 tokoh dari Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) Bantul, tokoh agama, serta perwakilan ikatan dokter dan pedagang pasar.

Sisanya, 50 orang lain adalah tenaga kesehatan dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul dan RSPS.

“Pelaksaaannya pukul 08.00 WIB,” kata Kepala Seksi Surveilans dan Imunisasi, Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit, Dinas Kesehatan Bantul, Abednego Dani Nugroho, Rabu (27/1/2021).

Abed menambahkan seusai penyuntikan vaksin hari pertama, Dinkes Bantul akan langsung mendistribusikan vaksin ke 27 puskesmas, enam rumah sakit, dan satu poliklinik.

“Kami jadwalkan Kamis, Jumat, dan Sabtu untuk distribusi vaksinnya,” lanjut Abed.

Abed memastikan vaksinator telah siap. Sejauh ini ada delapan sampai 10 petugas dipersiapkan di setiap faskes mampu Covid-19.

“Nantinya sekali pelayanan ada tiga jam. Satu jam ada 20 orang mampu divaksin. Tapi, vaksinasi ini enggak boleh ganggu pelayanan. Sehingga pelaksanaan diserahkan ke masing-masing faskes,” kata Abed.