Advertisement

Pohon Tumbang Timpa Rumah Warga di Kulonprogo

Jalu Rahman Dewantara
Rabu, 27 Januari 2021 - 18:57 WIB
Bhekti Suryani
Pohon Tumbang Timpa Rumah Warga di Kulonprogo Kondisi rumah warga di Dusun Cokrodipan, Kalurahan Triharjo, Kapanewon Wates, yang tertimpa pohon tumbang, Rabu (27/1/2021).-Harian Jogja - Jalu Rahman Dewantara

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO--Satu unit rumah dan sebuah kandang kambing di Dusun Cokrodipan, Kalurahan Triharjo, Kapanewon Wates, Kulonprogo rusak tertimpa pohon tumbang. Peristiwa itu terjadi saat hujan disertai angin kencang melanda wilayah tersebut, Rabu (27/1/2021) sore.

"Kejadiannya pas lagi hujan sama angin kencang, waktu itu saya lagi di teras, tahu-tahu denger suara keras, ketika dicek ternyata pohon kelapa samping rumah ambruk," ungkap pemilik rumah Saliyem, 70, saat ditemui wartawan, Rabu sore.

Advertisement

Menurut Satiyem kejadian itu berlangsung sangat cepat. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Namun demikian, Saliyem harus menderita kerugian materi berupa rusaknya atap rumah dan struktur kandang kambing miliknya yang hampir roboh.

"Untuk kerugiannya belum dihitung ya, tapi yang pasti atap rumah sama kandang kambing rusak," ujarnya.

Berdasarkan data TRC BPBD Kulonprogo, hujan disertai angin kencang yang melanda wilayah Kulonprogo, Rabu sore telah menyebabkan 17 peristiwa pohon tumbang. Peristiwa itu tersebar di sejumlah kapanewon, meliputi Wates, Panjatan, Lendah dan Nanggulan

"Ada yang sampai memutus jaringan listrik, menutupi jalan raya, hingga menimpa rumah warga," ungkap anggota TRC BPBD Kulonprogo, Mujiana.

Atas kejadian itu, TRC BPBD Kulonprogo bersama jajaran TNI, Polri dan sukarelawan diterjunkan untuk melakukan pembersihan. "Sampai pukul 17.00 WIB tadi, sudah dilakukan evakuasi di 4 titik, dan terus berlanjut sampai selesai," ucap Mujiana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Seorang Polisi Berkendara dalam Kondisi Mabuk hingga Tabrak Pagar, Kompolnas: Memalukan!

News
| Sabtu, 20 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement