KPU Bantul Kumpulkan Laporan Akhir Penyelenggaraan Pilkada

Ilustrasi. - Freepik
01 Februari 2021 07:47 WIB Jumali Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bantul mengumpulkan laporan akhir penyelenggaraan tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bantul 2020 dari masing-masing panitia pemilihan kecamatan dan panitia pemungutan suara (PPK-PPS) jelang akhir masa kerja.

"Menandai selesainya masa kerja PPK dan PPS, masing-masing badan ad hoc itu telah mengumpulkan laporan penyelenggaraan tahapan di wilayahnya. Selanjutnya PPK melakukan paparan laporan tersebut di depan ketua dan anggota KPU Bantul," kata Ketua KPU Bantul Didik Joko Nugroho, Minggu (31/1/2021).

BACA JUGA : KPU Pastikan Tak Ada Gugatan Sengketa Pilkada Bantul

Didik mengungkapkan, paparan laporan akhir ini adalah bagian dari penyampaian laporan tahapan yang sudah diserahkan kepada KPU Bantul beberapa waktu lalu. Lebih lanjut Didik menjelaskan dalam paparan ini masing-masing PPK lebih fokus kepada evaluasi dan solusi dimasing-masing tahapan.

“Selain itu PPK sesuai bidang ketugasannya juga diminta untuk menyampaikan hal-hal yang menjadi kendala pada saat melaksanakan tahapan,” terang Didik.

Pada kesempatan tersebut, Didik mengaku pihaknya telah memberikan piagam penghargaan kepada seluruh penyelenggara badan ada termasuk KPPS sebanyak 14.595 orang dan petugas ketertiban TPS sebanyak 4.170 orang. Selain itu KPU Bantul juga menyampaikan piagam penghargaan kepada Kapanewon dan Lurah se- Kab Bantul atas dukungannya dalam pelaksanaan Pemilihan terutama dalam memberikan fasilitas pendukung bagi PPK dan PPS.

BACA JUGA : Pilkada Bantul: Abdul Halim Menang Mutlak di Kandangnya

“Kami juga memberikan apresiasi kepada 27 Puskesmas di Bantul dalam bentuk berupa piagam atas bantuannya dalam proses pemeriksaan kesehatan bagi penyelenggara serta pelaksanaan rapid tes sebelum pemungutan suara dilaksanakan,” papar Didik.

Selain itu, Didik menyampaikan jika KPU Bantul juga memberikan santunan kepada salah satu petugas ketertiban TPS yang mengalami kecelakaan kerja pada saat melaksanakan tugas. Petugas ketertiban TPS tersebut atas nama Mujimin yang bertugas di TPS 01 Kalurahan Mangunan.

“Santunan yang diberikan oleh KPU Bantul senilai Rp3,5 juta  sesuai dengan regulasi yang diatur oleh KPU RI. Santunan langsung diterima oleh Mujimin didampingi oleh Lurah Mangunan serta Ketua PPK Dlingo,” ucap Didik.