Berencana Serang Mako Polri, 26 Terduga Teroris Ditahan di Cikeas

05 Februari 2021 09:47 WIB Sirojul Khafid Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA– Sebanyak 26 terduga teroris yang ditangkap di Makasar dan Gorontalo diterbangkan ke Jakarta. Menurut Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Kepolisian Republik Indonesia (Polri) Brigjen Rusdi Hartono, kelompok bernama Ihwal Pakuato tersebut berada di rumah tahanan (rutan) khusus tindak pidana terorisme di Cikeas, Bogor, Jawa Barat.

"Di rutan khusus teroris di Cikeas," kata Brigjen Rusdi dalam rilis Kepolisan Daerah DIY pada Kamis (4/2/2021).

BACA JUGA : Warga Sudah Curiga Sejak Lama dengan Terduga Teroris

Brigjen Rusdi menjelaskan Ihwal Pakuato terafiliasi dengan Jamaah Ansharut Daulah (JAD) yang juga terhubung dengan Islamic State of Iraq and Suriah (ISIS). Sejauh ini Ihwal Pakuato sedang melakukan latihan fisik beladiri, memanah, melampar pisau, dan menembak dengan senapan angin.

Tidak hanya itu, Ihwal Pakuato juga memiliki keahlian untuk merakit bom. Menurut Brigjen Rusdi, mereka sudah mempersiapkan pengantin (pelaku bom bunuh diri).

BACA JUGA : Densus 88 Terus Memburu Terduga Teroris di Jogja

"Kelompok ini merencanakan kegiatan penyerangan Markas Komando Polri, terus rumah dinas Polri dan rumah pejabat di Gorontalo. Selain itu juga berencana melakukan aksi perampokan pada bebeberapa toko di sekitar Gorontalo," kata Brigjen Rusdi.