Advertisement

Jumlah Lansia DIY Lebih Banyak daripada Jatah Vaksin Tahap Kedua

Lugas Subarkah
Selasa, 09 Februari 2021 - 07:27 WIB
Nina Atmasari
Jumlah Lansia DIY Lebih Banyak daripada Jatah Vaksin Tahap Kedua Foto ilustrasi. - Ist/Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-- Lansia menjadi kelompok masyarakat yang akan divaksinasi pada tahap kedua vaksinasi bersama petugas pelayan publik, setelah vaksinasi tahap pertama pada tenaga kesehatan selesai dilakukan, yang ditargetkan pada akhir Februari mendatang.

DIY menjadi daerah dengan proporsi lansia terbanyak di Indonesia. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik tahun 2019, DIY memiliki proporsi penduduk lansia 14,5%. Jika pada tahun yang sama total terdapat 3.842.932 penduduk, maka jumlah lansia di DIY setidaknya sekitar 557.225 penduduk.

Advertisement

Baca juga: Belum Dipakai, Besi Gedung Baru Kantor Bupati Sleman Sudah Berkarat

Jumlah ini lebih banyak dibanding jatah vaksinasi tahap kedua DIY pada pendataan awal dari Kementerian Kesehatan, yakni sebanyak 555.290 dosis. Juru Bicara Pemda DIY untuk Penanganan Covid-19, Berty Murtiningsih, mengatakan lansia yang akan divaksin ditentukan oleh Kementerian Kesehatan. “Nanti Daerah melakukan verifikasi,” katanya, Senin (8/2/2021).

Dalam vaksinasi juga akan dilakukan proses skrining kesehatan yang akan memastikan kondisi kesehatan penerima vaksin memungkinkan untuk divaksinasi. Di setiap puskesmas kata dia, juga sudah memiliki data rekam medis lansia sehingga akan digunakan sebagai rujukan skrining.

Baca juga: Soal Sanksi Pelanggar PPKM Tahap Ketiga di Jogja, Begini Kata Sultan

“Setiap pelaksanaan vaksinasi ada prosedurnya. Ada empat meja yang harus dilalui. Nah meja kedua adalah meja dimana peserta vaksinasi nanti akan dilakukan skrining status kesehatannya,” ujarnya.

Sekda DIY, Kadarmanta Baskara Aji, mengatakan vaksinasi tahap pertama dengan total sasaran 37.637 sumber daya manusia kesehatan (SDMK), saat ini teregistrasi untuk vaksinasi 37.314. “Kalau dipresentase ada 99,14 persen,” katanya.

Adapun untuk pelaksanaannya, vaksinasi penyuntikan pertama sudah dilakukan pada 37.094 atau 81.82%. Kemudian untuk penyuntikan kedua sudah dilakukan pada 7.947 atau 21,11%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jelang Lebaran, PLN Hadirkan 40 SPKLU Baru di Jalur Mudik untuk Kenyamanan Pengguna Mobil Listrik

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 11:07 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement