Waspada! Gelombang 6 Meter Berpotensi Terjadi di Perairan Selatan DIY

Foto ilustrasi. - Ist/Freepik
09 Februari 2021 09:37 WIB Bernadheta Dian Saraswati Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Bagi Anda yang akan bepergian pada Selasa (9/2/2021) ini, tampaknya cuaca bersahabat. Sebab, menurut prakiraan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) DIY, cuaca di DIY pada hari ini umumnya berawan.

Informasi tersebut berdasarkan update prakiraan cuava pada Selasa (9/2/2021) pagi pukul 7.50 WIB yang dikutip Harianjogja.com dari Instagam resmi BMKG DIY @staklim_jogja.

Sementara bagi para nelayan yang akan melaut diimbau untuk waspada karena menurut prediksi, terjadi gelombang tinggi hingga sangat tinggi di perairan Samudera Hindia. Kondisi ini berlangsung sampai Rabu (10/2/2021) esok hari.

Pola angin di wilayah Indonesia bagian utara pada umumnya bergerak dari barat laut ke timur laut dengan kecepatan angin berkisar 4-17 knot. Sementara Indonesia bagian selatab umumnya bergerak dari barat daya ke barat laut dengan kecepatan angin berkisar 4-27 knot.

Untuk perairan selatan DIY, tinggi gelombang diprediksi 4-6 meter atau masuk kategori sangat tinggi.

"Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada," tulis BMKG.

Sumber : Instagram