Advertisement

Punya 3 Kaki dan 2 Dubur, Ayam di Kulonprogo Bikin Penasaran Banyak Orang

Jalu Rahman Dewantara
Selasa, 09 Februari 2021 - 13:27 WIB
Budi Cahyana
Punya 3 Kaki dan 2 Dubur, Ayam di Kulonprogo Bikin Penasaran Banyak Orang Ahmad Syafei menunjukkan ayam berkaki tiga miliknya di Dusun Karang Asem, Kalurahan Sidomulyo, Kapanewon Pengasih, Kulonprogo, Selasa (9/2/2021). - Harian Jogja/Jalu Rahman Dewantara

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Seekor ayam milik warga Dusun Karang Asem, Kalurahan Sidomulyo, Kapanewon Pengasih, Kulonprogo, menarik perhatian masyarakat. Sebab, ayam broiler berbulu putih itu memiliki tiga kaki dan dua dubur.

Kondisi yang tak lazim itu pertama kali diketahui oleh salah satu pekerja peternakan bernama Ahmed Syafei. Ahmad yang ketika itu sedang memberi pakan ayam, merasa ada yang aneh dengan fisik salah satu ayam di sana.

Advertisement

BACA JUGA: Polisi Bongkar Kasus Jual Beli KTP Palsu di Jogja

Ia melihat ayam itu memiliki tiga buah kaki dengan satu kaki di antaranya terletak di bagian atas dubur. Ayam tersebut juga memiliki dua dubur yang saling berdekatan.

"Saya kira ayamnya itu berpenyakit, tapi setelah saya lihat-lihat ternyata itu bukan penyakit, melainkan ada kaki di bagian belakang," kata Ahmad saat ditemui di rumahnya di RT 05, RW 02, Karang Asem, Sidomulyo, Pengasih, Selasa (9/2/2021).

Ahmad yang tertarik dengan ayam tersebut lantas meminta izin si pemilik peternakan yang merupakan tetangganya sendiri untuk membawa pulang ayam itu guna dirawat di rumahnya.

Ayam berumur 20 hari itu saat ini dalam kondisi sehat. Meski bentuk tubuhnya tak normal, ayam itu menjalani aktivitasnya seperti ayam-ayam normal pada umumnya. "Selama dua hari di sini, gak ada yang beda sih, kaya ayam lain, jalannya juga normal," kata Ahmad.

BACA JUGA: DPRD Kulonprogo Susun Raperda untuk Untungkan Investor

Ahmad tak berencana menjual ayam tersebut karena ia meyakini ayam berkaki tiga ini bakal membawa keberuntungan. "Sugesti aja sih, karena percayanya tetap kepada yang di atas," kata dia.

Keunikan ayam ini memantik rasa penasaran warga di sekitar tempat tinggal Ahmad. Tak sedikit yang datang ke rumah Ahmad hanya untuk melihat langsung ayam tersebut.

"Penasaran aja sih, karena belum pernah melihat ada ayam kakinya tiga dan punya dubur dua, saya jadi takjub aja sama kuasa Allah," kata salah satu warga, Murni.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Alasan Kepolisian Hentikan Penyidikan Kasus Aiman Witjaksono

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 15:57 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement