Advertisement

2 Hari, 3 Lokasi di Jogja Longsor, Warga Diminta Terus Waspada

Sirojul Khafid
Rabu, 10 Februari 2021 - 12:07 WIB
Budi Cahyana
2 Hari, 3 Lokasi di Jogja Longsor, Warga Diminta Terus Waspada Hujan deras menyebabkan longsor di wilayah Giwangan, Umbulharjo, Jogja, Senin (8/2/2021). - Ist/BPBD Kota Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Dalam dua hari selama 8-9 Februari 2021, ada tiga titik longsor yang ada di Kota Jogja akibat hujan deras. Berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Jogja, dari tiga kejadian longsor, dua terdapat di Giwangan dan Umbulharjo. Longsor di Giwangan dilaporkan pada 8 Februari 2021.

Satu titik longsor berada di Ponggalan Karang Miri UH 7/320 RT 18 RW 06. Longsor di permukiman ini mengakibatkan satu rumah rusak. Sementara, titik longsor lain di Jalan AMD 40 RT 22 RW 08 mengakibatkan pohon bambu roboh dan menghalangi akses jalan kampung.

Advertisement

BACA JUGA: Libur Imlek, Destinasi Wisata Gunungkidul Tetap Buka

Lokasi longsor lain berada di Kampung Dalem, Purbayan, Kotagede. Kejadian ini dilaporkan pada 9 Februari 2021. Longsor di sekitar pemukiman warga ini mengakibatkan satu rumah rusak.

Menurut Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Jogja Budi Purwono, saat ini tim sedang melakukan penanganan di tiga lokasi tersebut. “Relatif ringan [jenis longsornya]. Namun seringan apa pun, karena wilayah kota yang padat [penduduk], efeknya bisa langsung terasa,” kata Budi saat dihubungi secara daring pada Rabu (10/2/2021).

Selain dampak secara langsung oleh korban, dampak tidak langsung juga terasa seperti para pengguna jalan dan lainnya. Budi mengimbau masyarakat untuk tetap waspada, khususnya pekan-pekan ini. Menurut laporan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), akan terjadi hujan lebat dalam sepekan ke depan.

“Masyarakat tetap bisa menjaga kondisi tubuh dan wilayahnya, tetap waspada dan di rumah saja karena pandemi Covid-19. Segera menghubungi pemangku wilayah apabila menghadapi keadaan darurat,” kata Budi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pembangunan Rusun ASN di IKN Capai 40 Persen

News
| Sabtu, 27 April 2024, 05:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement