Ledakan di Bengkel Las Kulonprogo, 1 Orang Dilarikan ke Rumah Sakit

Petugas kepolisian saat melakukan pemeriksaan di lokasi ledakan di bengkel las, Dusun Karang Tengah Kidul, RT 10, RW 5, Kalurahan Margosari, Kapanewon Pengasih, Kulonprogo, Rabu (10/2/2021). - Harian Jogja/Jalu Rahman Dewantara
10 Februari 2021 13:17 WIB Jalu Rahman Dewantara Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO—Satu orang harus dilarikan ke rumah sakit seusai menjadi korban ledakan yang terjadi di sebuah bengkel las, di Dusun Karang Tengah Kidul, RT 10, RW 5, Kalurahan Margosari, Kapanewon Pengasih, Kulonprogo, Rabu (10/2/2021).

Korban bernama Raskanto, pemilik bengkel tersebut. Peristiwa bermula ketika salah satu pekerja bengkel, Riyan, membuat bak penampungan air dari drum dengan mengelasnya.

BACA JUGA: ASN Bantul yang Terima Tamu dari Luar DIY Selama Libur Imlek Akan Dihukum

Riyan diduga kurang hati-hati sehingga drum bekas wadah tinner itu meledak.

"Kejadiannya kurang lebih pukul 11.30 WIB tadi, jadi waktu mengelas itu tiba-tiba drum meledak, sampai tutupnya mental," kata salah satu pekerja, Fahrun Hidayat saat ditemui di lokasi kejadian, Rabu siang.

Fahrun menuturkan akibat kejadian ini, Riyan mengalami sesak di dada. Sementara Raskanto, yang saat kejadian berada di dekat Riyan, terkena luka sobek di kaki kirinya dan harus dilarikan ke rumah sakit umum daerah (RSUD) Wates.

BACA JUGA: Hujan Semalam Suntuk, Puluhan Rumah dan Ratusan Hektare Lahan Pertanian di Kulonprogo Kebanjiran

Kapolsek Pengasih Komisaris Polisi (Kompol) Topo Subroto mengatakan berdasarkan hasil pemeriksaan, ledakan terjadi karena saat dilas, drum dalam kondisi tertutup rapat. Kondisi itu menyebabkan tekanan udara di dalam drum meningkat sehingga menimbulkan ledakan.

"Info awal, ada tenaga yang mau membuat penampungan air dari drum bekas tinner. Nah karena ketutup rapat kemungkinan itu jadi ledakan," ujarnya.

Petugas polsek tetap diterjunkan untuk menyelidiki pasti penyebab ledakan hingga menimbulkan korban luka. "Untuk pastinya masih akan kami selidiki lebih lanjut," ucapnya.