KPK Geledah Kantor Disdikpora DIY Terkait Dugaan Korupsi Mandala Krida

Stadion Mandala Krida Joga - Harian Jogja/Desi Suryanto
18 Februari 2021 12:17 WIB Newswire Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggeledah kantor Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) dan Badan Pemuda dan Olahraga (BPO) DIY pada Rabu (17/2/2021). Penyidik KPK mengamankan sejumlah dokumen dari kantor dinas tersebut.

Penggeledahan tersebut dilakukan dalam penyidikan dugaan kasus korupsi pembangunan Stadion Mandala Krida Kota Yogyakarta Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran (TA) 2016-2017 di Pemerintah DIY.

BACA JUGA : JCW Desak KPK Umumkan Tersangka Dugaan Korupsi

"Dari penggeledahan di dua tempat berbeda ini ditemukan berbagai barang bukti di antaranya dokumen-dokumen yang terkait dengan perkara," kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri dalam keterangannya di Jakarta, Kamis (18/2/2021).

Dokumen yang diamankan tersebut, kata Ali, akan dilakukan validasi dan verifikasi untuk selanjutnya segera dilakukan penyitaan sebagai barang bukti dalam kasus tersebut.

Untuk diketahui, KPK saat ini sedang melakukan penyidikan dugaan kasus korupsi pekerjaan pembangunan Stadion Mandala Krida. Kendati demikian, KPK saat ini belum bisa memberikan informasi spesifik siapa saja pihak-pihak yang telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus tersebut.

BACA JUGA : Bahas Kasus Dugaan Korupsi Mandala Krida, Ini yang

Sebagaimana kebijakan Pimpinan KPK, pengumuman penetapan tersangka akan dilakukan bersamaan dengan upaya paksa penangkapan atau penahanan para tersangka.

KPK memastikan setiap perkembangan kasus tersebut akan disampaikan kepada publik secara transparan dan akuntabel sebagaimana amanat UU KPK.

Diketahui dari beberapa saksi yang telah diperiksa dalam penyidikan kasus tersebut, penyidik KPK mendalami mengenai tahapan proses perencanaan dan sumber dana yang digunakan serta dugaan pelaksanaan pelelangan yang telah diatur sebelumnya untuk proyek pembangunan Stadion Mandala Krida APBD TA 2016-2017.

BACA JUGA : Ada Kasus Stadion Mandala Krida, Kunjungan KPK ke Sultan

Sumber : Antara