Data Penerima Vaksinasi Covid-19 Tahap Kedua di DIY Belum Ada

Ilustrasi vaksinasi Covid-19. - Harian Jogja/Desi Suryanto
18 Februari 2021 19:37 WIB Jalu Rahman Dewantara Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Pemda DIY belum menentukan jadwal vaksinasi tahap kedua bagi petugas pelayanan publik dan kalangan lanjut usia (lansia) yang ada di daerah ini. Hal itu dikarenakan proses pendataan calon penerima vaksin belum rampung.

Sekretaris Daerah DIY, Kadarmanta Baskara Aji mengatakan pelaksanaan vaksinasi tahap kedua baru bisa dilakukan jika data penerima sudah terkumpul. Data tersebut menjadi landasan Pemda dalam menentukan jumlah dosis vaksin yang dibutuhkan. Oleh karena itu, Pemda belum memutuskan jadwal pelaksanaan imunisasi tersebut.

"Belum ada, nanti kalau ini [pendataan] sudah final baru ditentukan jumlah dosisnya," kata Aji, sapaan akrabnya, saat ditemui wartawan di Komplek Kepatihan, Jogja, Kamis (18/2/2021).

BACA JUGA: Pecinta Micin Bakal Sedih, Lays, Doritos dan Cheetos Stop Produksi

Aji mengatakan para penerima vaksin yang masih dalam tahap pendataan itu terdiri dari petugas pelayanan publik di instansi pemerintah baik yang berstatus Pegawai Negeri Sipil, Aparatur Sipil Negara maupun, Tenaga Kontrak. Selain itu juga anggota kepolisian dan TNI. Pendataan juga menyasar kalangan lansia serta secara khusus pedagang dan warga di kawasan Malioboro, Jogja.

"Ya, nanti pedagang dan keluarga di kawasan Malioboro termasuk Beringharjo ikut dalam tahap kedua ini sebagai contoh penerima vaksin," jelas Aji.

Proses pendataan dilakukan dengan dua metode. Pertama mendata lewat formulir yang dibagikan secara online. Cara itu sudah diberlakukan kepada para wartawan di DIY yang juga akan masuk sebagai penerima vaksin tahap kedua.

Selanjutnya pendataan oleh masing-masing instansi pemerintah. Di sistem ini instansi akan menyeleksi pegawai mana yang layak mendapatkan vaksinasi sesuai dengan kriteria yang ditentukan, berdasarkan peraturan Kementerian Kesehatan RI.

Karena masih dalam proses pendataan, Aji belum bisa memberikan keterangan terkait jumlah penerima. Namun dia memastikan target penyelesaian proses pendataan adalah pekan depan agar vaksinasi dapat segera dilakukan. "Targetnya minggu depan sudah selesai," ujarnya.

Terkait lokasi pelaksanaan vaksinasi, Aji menyebut akan sama seperti kegiatan vaksinasi tahap pertama bagi Sumber Daya Manusia Kesehatan (SDMK), yakni di seluruh fasilitas layanan kesehatan (fasyankes) di DIY.