HUT ke-17: Tagana Berperan Penting dalam Penanganan Bencana

Jajaran Tagana DIY saat penanaman mangrove di Kulonprogo, Sabtu (20/2/2021)-Harian Jogja - Hafit Yudi Suprobo
20 Februari 2021 19:57 WIB Hafit Yudi Suprobo Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO--Keberadaan Taruna siaga bencana (Tagana) tidak bisa dilepaskan dalam penanganan bencana di Kulonprogo. Penanganan saat bencana dan pasca-bencana bisa dilakukan dengan baik salah satunya karena unsur Tagana.
Wakil Bupati Kulonprogo Fajar Gegana mengatakan keberadaan Tagana kini telah diakui, utamanya dalam penaganan pengungsian dan perlindungan sosial, serta logistik. Untuk itu, ia menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada anggota Tagana di manapun berada, khususnya di Kabupaten Kulonprogo atas prestasinya dalam penanggulangan bencana. 
"Pencapaian yang sudah ada sekarang jangan menjadikan kita latah dan arogan dalam menjawab segala tanya dan pinta. Karena sejatinya dinamika pasti ada, dan beragam cara pula dalam penyelesaiannya. Bekali diri dengan pengetahuan, dan asah keterampilan sebaik mungkin, untuk menghadapi tingkat kesulitan yang kita hadapi di lapangan," ujar Fajar saat mewakili Bupati Kulonprogo Sutedjo dalam Peringatan HUT Tagana Ke-17 di pesisir pantai wilayah Padukuhan Sawahan, Kalurahan Banaran, Kapanewon Galur, Kulonprogo, Sabtu (20/2/2021).
Selanjutnya, peringatan ulang tahun diharapkan menjadi ajang konsolidasi, tukar informasi, refleksi diri serta upaya membangun jiwa korsa dan sinergitas antar-sukarelawan penanggulangan bencana. Meningkatkan semangat pengabdian dalam upaya pengurangan risiko bencana dan pentingnya menjaga ekosistem, dengan berbasis kearifan lokal yang ada.
"Saya sangat bangga bisa berdiri di depan Tagana dan sukarelawan kemanusiaan yang membanggakan ini. Dan saya menyambut gembira atas prakarsa dilaksanakan acara ini, semoga akan menjadi agenda tetap setiap tahunnya," katanya.
Pemkab Kulonprogo juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak, atas perhatiannya kepada wilayah Kulonprogo yang didapuk sebagai tuan rumah peringatan HUT Tagana Ke-17 dengan rangkaian sosialisasi pengurangan risiko bencana di lingkungan pendidikan bagi warga binaan panti maupun pondok pesantren dengan progam Tagana Masuk Sekolah dan upaya mitigasi di pesisir selatan Kabupaten Kulonprogo dengan bakti sosial penanaman mangrove.
“Selamat Ulang Tahun Tagana yang ke-17, semoga dengan bertambahnya usia, lebih meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat dalam penanggulangan bencana, berdedikasi, loyal dan berkomitmen," ujarnya.