PKL dari Galeria Sampai Gramedia Segera Direlokasi

Para PKL memenuhi trotoar di Jalan Jenderal Sudirman tepatnya di depan Rumah Sakit Bethesda, Rabu (24/2/2021). - Harian Jogja/Ujang Hasanudin
24 Februari 2021 15:37 WIB Ujang Hasanudin Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Pemerintah Kota Jogja mempersiapkan relokasi pedagang kaki lima (PKL) di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman dari simpang empat Mal Galeria sampai simpang empat Gramedia.

Camat Gondokusuman, Gusitno mengatakan komunikasi dengan tokoh masyarakat Kampung Sudanegaran terus dilakukan untuk memindahkan para PKL. Ada sejumlah opsi relokasi PKL yang mencuat, salah satunya dipindah ke Jalan Samratulangit yang berada di utara Rumah Sakit Bethesda. Namun lahan di Jalan Samratulangit kemungkinan tidak bisa menampung semua PKL sehingga perlu ada alternatif lain.

BACA JUGA: Setelah “Istirahat” 3 Pekan, Merapi Kembali Luncurkan Awan Panas

Menurut dia, sosialisasi relokasi PKL di jalan tersebut sudah dilakukan sejak 2019 lalu, tetapi sampai saat ini belum ada titik temu. “Belum final, masih komunikasi dengan tokoh masyarakat kampung dan PKL,” kata Guritno, saat dihubungi Rabu (24/2/2021).

Guritno mengatakan ada sekitar 48 PKL yang akan dipindah di sepanjang trotoar depan Rumah Sakit Bethesda. Menurutnya relokasi menjadi keharusan karena penataan Jalan Jenderal Sudirman segera dilakukan. Apalagi, izin PKL juga memuat ketentuan bahwa sewaktu-waktu jalan yang digunakan PKL akan digunakan oleh Pemkot Jogja.

Saat ini proses komunikasi dengan PKL masih terus dilakukan. Relokasi PKL diharapkan selesai sebelum Idulfitri mendatang.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, dan Kawasan Permukiman (PUPKP), Hari Setyawacana mengatakan konsep penataan Jalan Jenderal Sudirman dari simpang Mal Galeria hingga simpang Gramedia sama dengan penataan yang tahap pertama dan kedua dari simpang Gramedia hingga Gondolayu.

BACA JUGA: Muncul Klaster BKAD, Dinkes Bantul Gandeng BBTKLP untuk Percepat Tracing

Penataan tersebut bagian dari penataan Kotabaru menjadi lebih nyaman terutama untuk pejalan kaki.

Rencana penataan Jalan Jenderal Sudirman dari simpang Mal Galeria sampai simpang Gramedia akan dilakukan dua sisi, selatan dan utara. PUPKP sudah menyediakan anggaran penataan tersebut sekitar Rp19,9 miliar. Saat ini proyek penataan itu sedang dalam persiapan lelang.

Pengerjaannya diperkirakan membutuhkan waktu sekitar 5-6 bulan. Dia berharap penataan berjalan lancar agar ruang pejalan kaki menjadi lebih nyaman.

Ada banyak PKL dari simpang Mal Galeria sampai simpang Gramedia terutama di sisi selatan atau tepat berada di trotoar depan Rumah Sakit Bethesda. Sebagian besar dari mereka sudah mengetahui adanya penataan Jalan Jenderal Sudirman tahap ketiga tersebut.

BACA JUGA: Imbas Pandemi, Warga Ramai-Ramai Jual Perabot ke Pasar Klitikan

Mereka juga tidak menolak direlokasi asalkan tempat baru untuk berjualan lokasinya strategi. “Bagi kami tidak masalah dipindah yang penting kami masih bisa berjualan,” kata David Royan, penjual angkringan.

David menjaga angkringan milik bapaknya Sugiyanto yang sudah berjualan sejak 1990 lalu.