Advertisement

Warga yang Sehat Diimbau untuk Donor Darah

Ujang Hasanudin
Minggu, 07 Maret 2021 - 07:37 WIB
Sunartono
Warga yang Sehat Diimbau untuk Donor Darah Donor darah massal yang digelar Laskas Lawas PPP di kantor DPW PPP DIY. - Harian Jogja/Ujang Hasanudin.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Wakil Wali Kota Jogja, Heroe Poerwadi mengimbau masyarakat yang dalam kondisi sehat dan memenuhi persyaratan agar mendonorkan darahnya melalui Palang Merah Indonesia (PMI) Jogja.  Imbauan itu dilakukan karena saat pandemi Covid-19 ini minat masyarakat untuk berdonor masih kurang.

"Ada penurunan pendonor sekarang iya.  Masyarakat yang memang memenuhi syarat dan ada waktu datang ke PMI [untuk mendonorkan darah] agar darah tersedia cukup di masa pandemi," kata Heroe, seusai menghadiri donor darah massal di kantor Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) DIY,  Sabtu (6/3/2021).

Advertisement

BACA JUGA : HUT ke 11, RSUD Prambanan Gelar Aksi Donor Darah

Staf Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Jogja, Fajar Shodiq mengatakan dalam kondisi pandemi ini minat masyarakat untuk mendonorkan darahnya berkurang,  "Biasanya yang donor rutin itu harian sebelum pandemi bisa sampai 100 orang.  Sekarang hanya sekitar 70 orang," kata Fajar. 

Pihaknya mengapresiasi adanya donor darah massal dan PMI siap memfasilitasi. Sementara itu Koordinator Donor Darah Masal Laskar Lawas PPP DIY,  Alouvi mengatakan donor darah massal bagian dari aksi kepedulian laskar PPP karena pendonor di masa pandemi berkurang.  Sementara kebutuhan darah tidak pernah berhenti.  Karena itu pihaknya bersama sejumlah LSM menyelenggarakan donor massal. 

BACA JUGA : Jasa Raharja Cabang Yogyakarta Gelar Aksi Donor Darah

Dari data yang terdaftar sudah ada 120 orang yang ingin ikut mendonorkan darahnya termasuk anggota TNI dan Polri, namun beberapa anggota TNI Polri tidak memenuhi syarat karena baru dalam masa vaksinasi Covid-19. "Tapi yang memenuhi syarat juga banyak.  Kami targetkan 100 kantong darah terpenuhi," ujar Alouvi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Jogjapolitan | 2 hours ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Cabuli Santri, Pengasuh Pesantren Divonis 15 Tahun Penjara dan Denda Rp1 Miliar

News
| Kamis, 18 April 2024, 23:47 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement