Advertisement

Murid Sekolah Belum Masuk Prioritas Vaksinasi Covid-19

David Kurniawan
Minggu, 07 Maret 2021 - 18:57 WIB
Bhekti Suryani
Murid Sekolah Belum Masuk Prioritas Vaksinasi Covid-19 Foto ilustrasi. - Ist/Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL--Dinas Kesehatan Gunungkidul memastikan murid sekolah atau anak-anak belum masuk priortas vaksinasi Covid-19. Selain belum ada instruksi dari Pemerintah Pusat, uji klinis vaksin untuk anak-anak juga belum ada.

Pemerintah telah menargetkan pada Juli mendatang sudah bisa memulai pembelajaran tatap muka. Guna menyukseskan program ini, upaya vaksinasi di lingkup pendidikan juga sudah dimulai. Meski demikian, sasaran baru diberikan kepada tenaga pendidik.

Advertisement

Kepala Dinas Kesehatan Gunungkidul, Dewi Irawaty mengatakan, proses vaksinasi tahap kedua denga sasaran pemberi layanan publik sudah dimulai sejak minggu lalu. Untuk tahap awal, sektor tenaga pendidik menjadi prioritas mendapatkan vaksin.

“Para guru ini sudah mulai divaksin. Langkah itu, juga sebagai upaya mendukung rencana pembejalaran tatap muka mulai Juli,” kata Dewi kepada Harianjogja.com, Minggu (7/3/2021).

BACA JUGA: Mahfud Beberkan Kenapa Moeldoko Terima Tawaran Jadi Ketum Demokrat

Namun demikian, sambung Dewi, pemberian vaksin masih sebatas tenaga pendidik. Sedangkan untuk murid sekolah, ia belum bisa memastkan kapan vaksinasi bisa diakukan.

Menurut dia, ada beberapa penyebab vaksinasi anak belum bisa dilakukan. Dewi berdalih hingga sekarang belum ada instruksi karena sasaran baru untuk orang dewasa dan lansia. Selain itu, vaksin belum bisa terlaksana karena uji klinis untuk anak-anak juga belum ada.

“Uji klinis ini sangat penting untuk keamanan dalam penggunaan. Hingga sekarang belum ada uji klinisi untuk anak-anak sehingga proses vaksinasi urung dilaksanakan,” katanya.

Untuk uji klinis, Dewi menyerahkan sepenuhnya kepada perusahaan pembuat vaksin. “Setahu saya di Indonesia belum ada. Mungkin yang sudah melakukan uji klinis di luar negeri,” katanya.

Kepala Bidang Pembina Ketenagaan, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Gunungkidul, Tijan mengatakan, untuk vaksinasi sudah mendata 9.419 calon penerima dari kalangan tenaga pendidik. Adapun rinciannya, sebanyak 1.639 guru dari Paud, 1.619 orang merupakan guru TK. Sedangkan sisanya sebanyak 4.872 guru SD dan 1.289 guru SMP.

“Mereka sudah kami data untuk mendapatkan vaksin tahap kedua,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pemerintah Perpanjang Kenaikan HET Beras Premium untuk Jaga Stok di Pasaran

News
| Selasa, 19 Maret 2024, 14:47 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement