Baru 617 Lansia yang Divaksin di Hari Pertama

Vaksinasi massal di Pasar Beringharjo, Senin (1/3/2021)-Harian Jogja - Gigih M Hanafi
09 Maret 2021 16:27 WIB Ujang Hasanudin Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Vaksinasi Covid-19 yang menyasar lansia atau warga yang berusia di atas 60 tahun baru menyasar 617 lansia di hari pertama vaksinasi Senin (8/3/2021) lalu. Lansia yang divaksin tersebut bukan hanya yang memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) Jogja, namun juga warga luar Jogja yang berdomisili di Jogja.

Kepala Bidang Pencegahan, Pengendalian Penyakit, dan Penyelolaan Data dan Sitem Informasi Kesehatan Dinas Kesehatan Jogja, Lana Unwanah mengatakan di hari pertama vaksinasi massal lansia diselenggarakan di 10 rumah sakit dan dua rumah sakit khusus ibu dan anak (RSKIA) dengan kapasitas masing-masing rumah sakit 100 orang dan RSKIA masing-masing 50 orang. Sehingga total sasaran di hari pertama seharusnya 1100 orang.

BACA JUGA : Kabar Gembira! Vaksinasi untuk Masyarakat Umum di Jogja

“Dari data yang diterima sehari kemarin lansia yang sudah divaksin baru menyasar 617 orang,” kata Lana, dalam jumpa pers di Balai Kota Jogja, Selasa (9/3).

Lana tidak mengetahui pasti lansia yang sudah divaksin baru menyasar 617 orang, padahal undangan sudah tersampaikan. “Apakah belum terinformasikan, apakah sudah tahu tapi tidak datang? apakah berhalangan? apakah sedang pergi? informasinya ada yang tidak ditempat juga,” ujar Lana.

Namun secara umum dia mengklaim proses vaksinasi di hari pertama berjalan lancar. Disinggung soal Kejadian Ikutan Pascaimuniasi atau KIPI? Lana mengaku belum mendapat laporan dari tiap rumah sakit.

BACA JUGA : Begini Mekanisme dan Cara Daftar Vaksinasi untuk Lansia

Lebih lanjut Lana mengatakan potensi lansia di Jogja ada 46.000 orang, namun yang sudah teregistrasi ada 12.202 orang. Dari jumlah tersebut terdapat sekitar 2.600an yang datanya ganda sehingga pihaknya harus melakukan pemilahan kembali karena kemungkinan ada yang daftar berkali-kali.

Proses pendaftaran vaksin bagi lansia dengan mengisi data lewat yogyakarta.kemkes.go.id agar data masuk ke Kementerian Kesehatan. Setelah daftar lansia bisa mengecek melalui pedulilindungi.id. Setelah mendapatkan status siap divaksin, selanjutnya bisa mengecek melalui corona.jogjakota.go.id.

Menurut Lana, data 12.202 itu terhitung sejak 3 Maret lalu. Dia meyakini masih banyak yang mendaftar lebih dari tanggal 3 Maret namun datanya belum masuk, “Kami belum mendapatkan feedback dari Kementerian Kesehatan dan DIY,” ujar Lana. Sejauh ini pihaknya belum bisa mendata mandiri karena data harus terpusat sampai Kementerian Kesehatan karena data harus disandingkan dengan data BPJS.

BACA JUGA : Kaum Lansia Wajib Tahu! Ini Jarak Vaksinasi Pertama

Setelah mendapat konfirmasi data dari Pemerintah Pusat, selanjutnya Dinas Kesehatan Jogja berkoordinasi dengan Dinas Komunikasi, Informatika, dan Persandian (Diskominfosan) untuk dimasukkan dalam laman corona.jogjakota.go.id. Jika sudah masuk laman tersebut lansia yang suduah terdaftar juga dilengkapi dengan fasilitas kesehatan tempat lansia untuk mendapatkan injeksi vaksin Covid-19.