Penyebab Kematian Kawanan Burung Kuntul di Pesisir Bantul Masih Misterius

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan, Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan (DPPKP) Bantul, Joko Waluyo memeriksa bangkai burung Kuntul yang mati di kawasan Hutan Bakau pada Februari lalu.-Harian jogja - Catur Dwi Janati
09 Maret 2021 20:27 WIB Catur Dwi Janati Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL--Hasil pemeriksaan tewasnya kawanan burung Kuntul di Hutan Bakau, Kapanewon Kretek, beberapa waktu lalu masih belum didapat oleh Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan (DPPKP) Bantul. Hingga kini cuaca dan kelaparan masih diprediksi jadi penyebab utama.

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan, Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan (DPPKP) Bantul, Joko Waluyo menyebutkan terakhir proses pemeriksaan masih dilakukan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA). Pemkab juga belum mendapat arahan apa yang harus dilakukan dengan peristiwa tersebut.

BACA JUGA: 2 Pemuda Teler Kecelakaan di Hutan Sodong Jadi Awal Ungkap Peredaran Koplo

Joko mengatakan burung Kuntul termasuk hewan langka yang kewenangannya lebih banyak pada BKSDA. "Karena yang mengirim [sampel pemeriksaan] dulu BKSDA. BKSDA sampai sekarang belum menghubungi hasil laporan hasil pemeriksaannya," ujarnya pada Selasa (9/3/2021).