Advertisement

Liburan di Malioboro, Sejumlah Wisatawan Masih Bandel Protokol Kesehatan

Ujang Hasanudin
Jum'at, 12 Maret 2021 - 19:07 WIB
Bhekti Suryani
Liburan di Malioboro, Sejumlah Wisatawan Masih Bandel Protokol Kesehatan Wisatawan mengantre di Gate Zonasi Malioboro untuk cek suhu dan kode QR pada Minggu (27/12/2020). - Harian Jogja/Catur Dwi Janati

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA– Malioboro terpantau sepi pada siang ini, Jumat (12/3/2021) sekitar pukul 14.00 WIB. Beberapa titik jalur pedestrian yang biasanya ramai seperti depan Malioboro Mall, depan Pasar Beringharjo, dan lainnya siang itu terpantau lengang. Kursi-kursi di jalur pedestrian juga terlihat banyak yang kosong.

Pengunjung yang tidak padat ini memungkinkan satu sama lain untuk saling menjaga jarak. Namun masih ada beberapa pengunjung maupun pedagang di sekitar Malioboro yang nampak melepas masker. Selain melepas masker, terlihat pula beberapa orang menurunkan maskernya sampai di dagu.

Advertisement

Menurut Kepala Unit Pelaksana Teknis Pengelolaan Kawasan Cagar Budaya Kota Jogja, Ekwanto, selalu ada saja pengunjung atau warga yang abai protokol kesehatan (prokes) di Malioboro. Namun menurutnya jumlahnya semakin berkurang dari hari-hari sebelumnya.

“Yang masih agak susah adalah para perokok baik pengunjung maupun pedagang kaki lima sendiri, meskipun sudah tahu Malioboro itu Kawasan Tanpa Rokok (KTR), namun kadang masih sering kita jumpai [pelanggar]. Ya terus dan terus kami edukasi tanpa jemu,” kata Ekwanto saat dihubungi secara daring pada Jumat (12/3/2021).

BACA JUGA: Pemberian Dosis Kedua Vaksinasi Covid-19 di Jogja Digelar Massal

Pada libur Isra Mikraj hari Kamis (11/3/2021), pengunjung Malioboro cukup padat. Apabila pada akhir pekan biasa jumlah pengunjung sekitar seribu orang, pada libur Isra Mikraj tercatat ada 1.403 pengunjung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement