Pendataan Keluarga di Kulonprogo Dilakukan April 2021

Pemerintah kabupaten (Pemkab) Kulonprogo menerima audiensi Perwakilan Badan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) DIY, pada Selasa (9/3/2021) di ruang rapat Menoreh, kompleks Pemkab Kulonprogo. - Harian Jogja/Hafit Yudi Suprobo
12 Maret 2021 06:27 WIB Hafit Yudi Suprobo Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, WATES--Pemerintah kabupaten (Pemkab) Kulonprogo menerima audiensi Perwakilan Badan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) DIY, pada Selasa (9/3/2021) di ruang rapat Menoreh, kompleks Pemkab Kulonprogo. Pertemuan ini membahas terkait pendataan keluarga tahun 2021 yang akan dilaksanakan pada April hingga Mei 2021 mendatang.

Kepala Perwakilan BKKBN DIY, Ukik Kusuma Kurniawan, menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas komitmen dan dukungan Pemkab Kulonprogo dalam penanganan stunting di wilayah Kulonprogo yang sudah berjalan sangat baik. Selain itu, kegiatan audiensi untuk menindaklanjuti Surat Edaran Menteri Dalam Negeri No. 470/544/SJ tanggal 1 Februari 2021 tentang dukungan pelaksanaan pendataan keluarga tahun 2021.

Ia menjelaskan bahwa pelaksanaan pendataan keluarga tahun 2021 akan dilaksanakan serentak mulai 1 April hingga 31 Mei 2021. Nantinya, dalam pelaksanaan pendataan keluarga tersebut dilakukan dengan cara mengunjungi setiap keluarga dari rumah ke rumah dengan wawancara dan observasi.

Baca juga: Penembakan Laskar FPI Libatkan 3 Anggota Polda Metro Jaya, Ini Respons IPW

“Pendataan akan dilakukan oleh kader pendata dibawah koordinasi Penyuluh Keluarga Berencana dan perangkat Kalurahan/Kelurahan setempat, dengan mematuhi Protokol Kesehatan guna mencegah penularan COVID-19,” ujar Ukik pada Kamis (11/3/2021).

Ukik menambahkan pada pendataan ini, selain basis data keluarga Indonesia yang berupa data kependudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarga, pendataan juga akan memuat informasi tentang keluarga yang berisiko stunting.

Nantinya, metode yang dipakai dalam pendataan keluarga tahun 2021 melalui sensus dengan proses pengumpulan dan pengolahan data menggunakan formulir dan smartphone yang diinput langsung oleh kader.

Sementara itu, Bupati Kulonprogo Sutedjo mengatakan bahwa Pemkab Kulonprogo siap dan mendukung untuk mensukseskan kegiatan tersebut sehingga dapat mencapai hasil seperti yang diharapkan. Untuk itu, Pemkab Kulonprogo nantinya bakal menugaskan Dinas PMD Dalduk dan KB dalam persiapan pendataan keluarga 2021 dari tingkat Kapanewon hingga Kelurahan/Kalurahan.

“Saya berharap seluruh jajaran dapat mendukung dan siap, serta mempersiapakan segala sesuatunya, sehingga pendataan Keluarga Tahun 2021 ini pada 1 April mendatang sudah action untuk penugasan pendataan, Saya dan istri siap didata pertama kalinya,” ujar Sutedjo.

Baca juga: Warga Dukuh Gedongkiwo Ubah Selokan Menjadi Kolam Ikan

Dalam kesempatan yang sama Kepala Dinas PMD Dalduk dan KB Kulonprogo Sudarmanto, mengatakan terakit pelaksanaan pendataan keluarga tahun 2021 pihaknya sudah melakukan koordinasi seluruh jajaran serta Kapanewon, Kalurahan/Kelurahan untuk mensosialisasikan pendataan.

"Selain itu, juga sudah dilakukan persiapan untuk pelatihan untuk kader dalam mensukseskan pendataan ini," tutup Sudarmanto.