Advertisement

KA Bandara YIA Beroperasi Agustus 2021, Ini Perkiraan Waktu Tempuh & Tarifnya

Anitana Widya Puspa
Sabtu, 13 Maret 2021 - 12:47 WIB
Budi Cahyana
KA Bandara YIA Beroperasi Agustus 2021, Ini Perkiraan Waktu Tempuh & Tarifnya Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat melakukan kunjungan kerja ke Stasiun Bandara Internasional Yogyakarta, Jumat (12/3/2021). - Istimewa/Dok. BKIP Kemenhub

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Jalur kereta api bandara sepanjang 5,3 km dari Stasiun Kedundang ke Stasiun Yogyakarta International Airport (YIA), Kulonprogo, bakal dioperasikan pada Agustus 2021.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan pembangunan jalur melayang tersebut telah mencapai 83,6 persen per Maret 2021. Pembangunan jalur kereta dengan nilai investasi sebesar Rp1,1 triliun ini dibangun secara tahun jamak (multiyears).

Advertisement

BACA JUGA: Menparekraf Ingatkan Proyek Borobudur Highland Harus Libatkan Desa Wisata

"Pembangunan dimulai sejak Desember 2019 dan ditargetkan selesai pada pertengahan tahun atau sekitar bulan Juli 2021. Kemudian pada bulan Juli akan dilakukan serangkaian uji coba dan ditargetkan sudah bisa dioperasikan pada Agustus 2021," ujarnya melalui siaran pers, Jumat (12/3/2021).

Dia menambahkan jumlah perjalanan kereta bandara dari Stasiun Tugu Yogyakarta - YIA sepanjang 40,23 km ini sebanyak 24 per hari dengan menggunakan empat train set kereta rel diesel listrik (KRDE) dan berkapasitas angkut mencapai 4.800 penumpang per hari hari.

Sementara, waktu tunggu antar kedatangan kereta (headway) yaitu sekitar 30 menit. Dari Stasiun Tugu, perjalanan kereta bandara ini akan berhenti di dua stasiun yaitu Stasiun Wates dan Stasiun YIA.

Kecepatan kereta maksimal dapat mencapai 80 km per jam dengan waktu tempuh hanya sekitar 45 menit atau lebih cepat dibandingkan melewati jalan raya yang bisa membutuhkan waktu 1-2 jam. Kemudian tarif yang berlaku diperkirakan sebesar Rp25.000.

BACA JUGA: DIY Sasar 334.750 Pelayan Publik untuk Divaksin Covid-19

Menhub mengatakan pembangunan kereta bandara merupakan bagian tidak terpisahkan dari Bandara Internasional Yogyakarta, karena bandara ini merupakan bandara internasional yang dapat didarati pesawat berbadan besar dan menjadi pusat pergerakan orang baik dari dalam negeri maupun luar negeri, sehingga harus memiliki konektivitas dan integrasi antar moda yang baik.

YIA bisa menampung sekitar 20 juta penumpang per tahun, maka itu harus memiliki konektivitas yang baik melalui kereta bandara, yang dapat menghubungkan antara Stasiun Tugu dengan YIA Kulonprogo. Upaya ini juga untuk mendukung Borobudur sebagai kawasan destinasi wisata prioritas. Masyarakat juga bisa lebih nyaman menggunakan kereta bandara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Warga Jepang Gugat Pemerintah Soal Evek Samping Vaksin Covid-19

News
| Kamis, 18 April 2024, 08:57 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement