Ikut Tradisi Labuhan, Warga Geger Temukan Kerangka Manusia di Lereng Merapi

Ilustrasi tengkorak - Pixabay
15 Maret 2021 19:17 WIB Lugas Subarkah Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN-Kerangka manusia tanpa identitas ditemukan di lereng Gunung Merapi, Padukuhan Kinahrejo, Kalurahan Umbulharjo, Kapanewon Cangkringan, tak jauh dari lokasi Labuhan Merapi, Senin (15/3/2021). Polisi masih menyelidiki temuan ini.

Kapolsek Cangkringan, AKP Nidia Ratih, membenarkan adanya penemuan kerangka mayat ini. "Benar ada temuan kerangka di lereng bukit Kendil, sekitar pukul 10.08 WIB. Penemuan ini setelah Labuhan Merapi selesai," ujarnya.

Kerangka mayat ditemukan oleh dua orang peserta Labuhan Merapi, yang naik ke bukit Kendil untuk mencari oleh-oleh dari alam berupa daun atau batang pohon. Hal ini merupakan bagian dari prosesi Labuhan Merapi.

Sampai di lereng bukit Kendil, keduanya menemukan sebuah cekungan dan dikejutkan dengan apa yang dilihat dalam cekungan tersebut, sebongkah kerangka mayat tanpa dikubur, terbujur dengan posisi menghadap langit dan bagian mulut menganga.

BACA JUGA: Cek Data Terbaru Covid-19 di Kulonprogo 15 Maret

Kondisi kerangka mayat telah membusuk dengan bagian tangan dan kaki masih utuh. Setelah penemuan, mereka pun melapor pada Tim SAR DIY, yang kemudian membawa mayat tersebut ke rumah sakit Bhayangkara untuk diautopsi.

Polisi kesulitan mencari identitas kerangka. Selain karena di sekitar kerangka tidak ditemukan identitas apa pun, dari masyarakat setempat juga tidak ada laporan kehilangan anggota keluarga.

Selain tidak diketahuinya identitas, polisi juga belum mengetahui jenis kelamin korban. Sebab itu pohaknya masih akan mengidentifikasi kerangka untuk mendapatkan keterangan lebih jelas.