Capaian Vaksinasi Covid-19 untuk Lansia di DIY Rendah, Ini Kata Dinkes DIY

Ilustrasi - Antara/M Agung Rajasa
16 Maret 2021 17:37 WIB Jalu Rahman Dewantara Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Jumlah warga lanjut usia (lansia) di DIY yang sudah mendapat suntikan vaksin Covid-19 masih jauh dari target.

Dinas Kesehatan (Dinkes) DIY mencatat hingga Selasa (16/3/2021), lansia yang telah divaksin sebanyak 6.854 orang. Jumlah ini setara 2,3% dari target 295.000. Dari 6.854 itu, baru 188 yang sudah menerima dua dosis vaksin.

BACA JUGA: Prostitusi Online di Gunungkidul Terungkap! Polisi Menyamar untuk Booking

Kepala Dinkes DIY Pembajun Setyaningastutie mengatakan masih rendahnya capaian vaksinasi bagi lansia disebabkan tak ada vaksinasi massal untuk kalangan tersebut.

"Kenapa belum? Karena itu butuh pertimbangan dan harus hati-hati," kata Pembajun, kepada awak media di Komplek Kepatihan, Jogja, Selasa siang.

Vaksinasi massal perlu perhatian ekstra.

"Mungkin buat lansia yang masih usai 60-64 itu tetep bisa, dan masih sehat, beda kalau sudah usia 70-80 an, dokternya harus benar-benar siap, kami juga harus siap dengan hal tersebut," ujarnya.

BACA JUGA: Pengamat Sebut Jabatan Presiden 3 Periode Akan Lahirkan Rezim Otoritarianisme

Dinkes DIY tetap mempertimbangkan penyelenggaraan vaksinasi massal bagi lansia. Saat ini penyuntikan vaksin untuk lansia diprioritaskan di fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) yang ada di setiap kabupaten dan kota di DIY. "Prioritas vaksinasi untuk lansia dilakukan oleh fasyankes, bisa puskesmas atau rumah sakit," ucap dia.

Sebagai upaya mendorong partisipasi lansia agar ikut serta dalam program vaksinasi, Dinkes DIY menggencarkan sosialisasi dengan melibatkan pelbagai pihak, di antaranya komisi daerah (komda) lansia dan forum PKK.