Advertisement

5.783 Lansia Jogja Sudah Divaksin, Ini Kendala dalam Vaksinasi

Ujang Hasanudin
Rabu, 17 Maret 2021 - 17:27 WIB
Budi Cahyana
5.783 Lansia Jogja Sudah Divaksin, Ini Kendala dalam Vaksinasi Pelaksanaan vaksinasi massal di Grha Pradipta Jogja Expo Center (JEC), Banguntapan, Bantul, Senin (15/2/2021) - Harian Jogja/Jalu Rahman Dewantara

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pemerintah Kota (Pemkot) Jogja terus berupaya mempercepat vaksinasi kepada lansia atau warga yang berusia di atas 60 tahun. Sampai pekan kedua ini sudah 5.783 lansia yang divaksin di 11 rumah sakit dan dua rumah sakit khusus ibu dan anak (RSKIA).

“Khusus vaksinasi lansia di rumah sakit masih jalan di 13 rumah sakit. Yang sudah divaksin baru 5.783 orang untuk dosis pertama selama sepekan ini,” kata Ketua Harian Satgas Penanganan Covid-19, Heroe Poerwadi di Balai Kota Jogja, Rabu (17/3/2021).

Advertisement

BACA JUGA: Mudik Tak Akan Dilarang, Ini Tanggapan Sultan Jogja

Vaksinasi massal khusus lansia yang dilakukan di 11 rumah sakit dan dua RSKIA ini sudah dimulai sejak 8 Maret lalu dengan sasaran tiap rumah sakit 100 lansia per hari dan dua RSKIA masing-masing 50 lansia per hari.

Menurut dia, masih ada duplikasi pendataan, yang satu berasal dari pusat data dan informasi (Pusdatin) Kementerian Kesehatan dengan undangan yang dari Dinas Kesehatan Jogja. Pihaknya sedang mengoordinasikan proses pendataan tersebut karena data dari Kementerian Kesehatan tidak menyebut spesifik jamnya. Hanya menyebut secara umum dari mulai pukul 08.00 WIB sampai pukul 15.00 WIB hingga terkadang terjadi penumpukan di satu lokasi vaksinasi.

“Padahal kami alokasikan tiap fasilitas kesehatan ada undangan tersendisri disesuaikan dengan ketersediaan vaksin di masing-masing rumah sakit,” ucap Heroe.

“Kendala undangan ini terkadang tidak koordinasi dengan daerah dalam pelaksanaan vaksinasi,” tegas Heroe.

BACA JUGA: Bahaya! Jangan Unggah Sertifikat Vaksinasi Covid-19 di Medsos

Wakil Wali Kota Jogja ini menyatakan pendaftaran sudah diatasi melalui Komisi Daerah (Komda) Lansia dari tingkat kota sampai kelurahan. Bahkan sampai tingkat RT sudah ada pendamping lansia karena ketua RW dan ketua RT masuk dalam Komda Lansia.

Heroe mengatakan vaksinasi massal yang dilakukan Pemkot Jogja sejak pertama sampai saat ini sudah menyasar 40.057 untuk dosis pertama. Data tersebut terdiri dari warga Jogja dan luar Jogja yang meliputi 5.783 lansia, 22.474 pelayan publik, dan sisanya tenaga kesehatan.

Sementara pemberian dosis kedua vaksin Covid-19 baru menyasar 13.762 orang. Dari jumlah tersebut 26.000 orang di antaranya lansia, 4.098 pelayan publik, dan selebihnya tenaga kesehatan.

Kepala Bidang Pencegahan, Pengendalian Penyakit, dan Penyelolaan Data dan Sitem Informasi Kesehatan Dinas Kesehatan Jogja, Lana Unwanah mengatakan lansia warga Jogja sekitar 46.000 orang. Dari jumlah tersebut yang sudah teregister atau sudah mendaftar sekitar 40 ribuan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kuta Selatan Bali Diguncang Gempa Berkekuatan Magnitudo 5,0

News
| Jum'at, 26 April 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement