Jogja Masih Berpotensi Diguyur Hujan Es

Hujan es kembali melanda Kotagede, Jogja pada Rabu (10/3/2021) sore. - Harian Jogja/ Bhekti Suryani
17 Maret 2021 21:17 WIB Newswire Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Fenomena hujan es berpotensi masih terjadi di Jogja.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) meminta masyarakat DIY untuk mewaspadai cuaca ekstrem yang masih akan terjadi di wilayah DIY. Hujan es masih berpotensi terjadi di DIY sampai dengan bulan April mendatang.

“Potensi hujan es masih mungkin terjadi sampai bulan April, khususnya adi Sleman, Kota Yogyakarta dan Bantul,” kata Kepala Stasiun Klimatologi BMKG DIY Reni Kraningtyas, di sela-sela Sekolah Lapang Geofisika 2021 di Kulonprogo, Rabu (17/3/2021).

BMKG mencatat, hujan es sepanjang 2021 ini sudah terjadi lima kali. Daerah yang mengalami hujan es mengalami fluktuasi cuaca yang sangat tajam, dengan perbedaan melebihi 4,5 derajat Celcius. Kondisi ini menjadikan dinamika atmosfer di sekelilingnya mendukung terjadinya hujan es.

BACA JUGA: Tak Mau Beri Pendampingan Hukum, Ini Kata Sultan soal Pemeriksaan Pejabat Pemda oleh KPK

Sedangkan kelembaban udara di lapisan 700 milibar bisa diatas 60 persen. “Biasanya juga terjadi awan cumulonimbus yang cukup besar dan pertumbuhannya cukup tinggi hingga titik beku sehingga bisa mengakibatkan hujan es,” kata Reni.

Artikel ini telah tayang di yogya.inews.id dengan judul "Hujan ES Masih berpotensi Mengguyur DIY, Begini Penjelasan BMKG"

Sumber : iNews.id