RSU Mitra Paramedika Gelar Vaksinasi Covid-19 untuk Lansia

Tim Vaksinasi Covid-19 RSU Mitra Paramedika menyuntikkan vaksin kepada lansia, pada Jumat (19/3 - 2021)./Ist
19 Maret 2021 18:57 WIB Media Digital Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN-- Rumah Sakit Umum (RSU) Mitra Paramedika dipercaya Dinas Kesehatan (Dinkes) Sleman untuk menyelenggarakan vaksinasi masal pencegahan Covid-19 bagi kalangan lanjut usia (lansia) di wilayah setempat. Kegiatan vaksinasi tersebut berlangsung 16-20 Maret.

Direktur RSU Mitra Paramedika dr. Ichsan Priyotomo mengungkapkan, pihaknya mendapatkan jatah 500 vaksin dari Dinkes untuk disuntikkan kepada para lansia.

"Pada vaksinasi tahap dua ini kami dapat 500 pacs vaksin, fokus vaksinasi di rumah sakit kami menyasar para lansia dengan usia di atas 59 tahun. Untuk vaksinasi pegawai publik kan sudah di Puskesmas, jadi kami menghandel vaksin untuk lansia saja," ujarnya, Jumat (19/3/2021).

Ichsan mengungkapkan, antusiasme masyarakat terhadap kegiatan vaksinasi sangat tinggi. Hal itu terlihat dari pelaksanaan di hari pertama saja sudah memvaksin sebanyak 120 lansia. Sementara pendaftar terus bertambah dari hari pertama hingga keempat.

"Kesadaran terhadap vaksinasi dari para lansia di sini memang sangat tinggi. Bagi yang sudah mendapatkan konfirmasi dari Dinkes via SMS langsung kami vaksin. Bagi yang belum dapat notifikasi kami arahkan mendaftar, nanti tim vaksin di sini akan mendata sehingga bisa divaksin esoknya," jelas dia.

Lebih lanjut dia menjelaskan, sesuai agenda proses penyuntikan vaksin sebenarnya akan berlangsung hingga Sabtu (20/3/2021) ini. Hanya saja ternyata pada hari keempat, yakni Jumat (19/3/2021) peserta yang mendaftar sudah mencapai kuota 500 sehingga kegiatan penyuntikan vaksin hanya berlangsung hingga Jumat saja.

"Dengan estimasi rata-rata penyuntikan vaksin 100 orang per harinya maka dalam lima hari kami kalkulasi pas di angka 500 sampai Sabtu tapi ternyata jatah 500 vaksin sudah habis di Jumat," jelasnya.

Dari tingginya animo masyarakat terhadap vaksinasi tersebut, pihaknya mencoba melakukan komunikasi dengan Dinkes. Dengan begitu diharapkan masyarakat yang belum divaksin bisa segera mendapatkannya. Dinkes pun memberikan respon yang cepat dengan mengirimkan lagi sebanyak 500 pcs vaksin.

"Kita selalu suport program ini, misal diizinkan dan dipercaya kembali, tim vaksin di sini selalu siap. Pihak RS juga berkoordinasi dengan untuk penambahan vaksin, dan alhamdullillah Dinkes merespon cepat sehingga penyuntikan vaksin tetap dilanjutkan sampai pekan depan," jelasnya.

Dalam penyuntikan vaksin itu pada lansia terlebih dahulu dicek kondisinya. Screening yang dilakukan tim vaksin di antaranya adalah pengecekan tekanan darah, riwayat alergi, dan kadar gula darah.
Dari pelaksanaan vaksinasi hari pelaksanaan vaksinasi hari pertama dan Jumat kemarin berjalan lancar. Para lansia yang divaksin pun tidak ada yang mengeluh efek samping usai disuntik vaksin.

"Sakitnya cuma pas disuntik itu saja, itu pun enggak sakit banget," ujar Karjiyat, 70, salah satu warga Cangkringan yang ikut divaksin.

Pensiunan guru SD tersebut merasa lega sudah divaksin. Dia mengaku sudah lama ingin segera divaksin begitu pemerintah mulai mendistribusikan vaksin Covid-19.

"Kebetulan rumah rumah sakit ini memfasilitasi, dan jangkauannya tidak jauh dari rumah. Terima kasih kepada Pemda Sleman dan rumah sakit ini atas perhatian kepada sata dan yang lainnya lewat suntik vaksin seperti ini, gratis pula," ujarnya mengapresiasi.