Kasus Positif Covid-19 di Jogokariyan Jogja Bertambah Jadi 50

Ilustrasi. - Freepik
23 Maret 2021 14:27 WIB Ujang Hasanudin Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Kasus positif Covid-19 di Kampung Jogokariyan,  Kalurahan Mantrijeron,  Kemantren Mantrijeron, Kota Jogja, semakin meluas. Virus Corona kini sudah menjangkiti 50 orang dari awalnya 35 orang.

“Ada tambahan 15 positif Covid-19,” kata Heroe Poerwadi, Ketua Harian Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Jogja, Selasa (23/3/2021).

BACA JUGA: Warga Tunggu Kejelasan Waktu Pembayaran Ganti Rugi Pelebaran Jalan Cinomati

Menurut Heroe, kasus positif Covid-19 di Kampung Jogojariyan menyebar di 16 RT di empat RW. Meski demikian, wilayah tersebut belum masuk kategori zona merah berdasarkan rumus pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) berskala mikro.

Alasannya beberapa kasus yang muncul hanya dalam satu rumah atau tidak menyebar ke beberapa rumah, "Itu tidak menjadikan RT memasuki zona merah, atau oranye. Sebab beberapa kasus yang muncul hanya ada di dalam satu rumah saja, ya," kata Heroe.

Wakil Wali Kota Jogja ini menyatakan pemkot sudah melakukan langkah-langkah antisipatif supaya kasus tidak menyebar.  Dia mengklaim masyarakat setempat sudah memahami dan mematuhi pembatasan tersebut di tingkat RT dan RW.

Warga sekitar yang berkontak erat dengan orang yang dinyatakan positif Covid-19 juga sudah melakukan isolasi mandiri.  Selain itu Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)Kota Jogja  juga sudah melakukan upaya penyemprotan disinfektan secara berkala di Jogokariyan. "Bantuan makanan juga diberikan melalui dinas sosial," kata Heroe.

BACA JUGA: Resmi, Sekolah Tatap Muka DIY Dicoba April 2021

Politikus Partai Amanat Nasional (PAN) ini juga mengapresiasi upaya pengurus Masjid Jogokariyan yang sudah melakukan antisipasi awal penyebaran virus Corona di Jogokariyan dengan melakukan tes antigen secara mandiri kepada jemaah masjid dan warga sekitar masjid.

Selain itu Masjid Jogokariyan juga sudah menyiapkan tempat isolasi mandiri dan menyediakan makanan untuk warganya yang sedang melakukan isolasi.

Pekan lalu ditemukan sebanyak 35 kasus positif Covid-19 di Jogokariyan.  Temuan tersebut berawal adanya dari salah satu remaja masjid yang mengeluh tidak enak badan. Pengurus masjid tersebut berinisiatif melakukan tes antigen kepada sejumlah jemaah dan warga sekitar masjid.

Dari 100 orang yang diperiksa hasilnya 35 warga dinyatakan positif Covid-19.