Advertisement

Izin Penetapan Lokasi Jalan Tol Gamping-Kulonprogo Keluar Mei

Abdul Hamied Razak
Kamis, 25 Maret 2021 - 22:37 WIB
Bhekti Suryani
Izin Penetapan Lokasi Jalan Tol Gamping-Kulonprogo Keluar Mei Ilustrasi jalan tol. - JIBI/Nicolous Irawan

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN--Pemerintah memastikan Izin Penetapan Lokasi (IPL) untuk jalan tol trase Gamping (Sleman)-Kulonprogo akan terbit tak lama lagi.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Satker Pelaksanaan Jalan Bebas Hambatan (PBJH) Jogja-Solo, Wijayanto mengatakan proses pembebasan tanah untuk proyek jalan tol Jogja-Solo terus dilakukan. Tidak hanya menyelesaikan proses pembayaran, Satker juga melakukan proses pembangunan fisik di Karangasem, exit toll Kartasura. Kini, Satker juga menyelesaikan trase seksi 3 Gamping-Kulonprogo.

Advertisement

"Insyaallah kalau tidak ada kendala, IPL di bulan Mei akan keluar. Ya memang ada beberapa hal yang perlu digeser, salah satunya menghindari wilayah Mlangi tetapi kalau menggeser Mlangi tentu akan berdampak pada yang lainnya," kata Totok (25/3/2021).

Disinggung soal prioritas pembangunan jalan tol Jogja-Solo-Kulonprogo dengan tol Jogja-Bawen, Totok menjelaskan jika kedua trase ini masuk PSN. Karena keduanya masuk PSN, maka pedoman dan kebijakan yang diterapkan juga sama.

"Sama, prosesnya sama, pedomannya sama, undang-undangannya sama, dan sumber dananya semua sama. Jadi semua sama-sama PSN. Cuma prioritas pengerjaannya saja yang berbeda," kata Totok.

BACA JUGA: Salah Satu Polisi Terduga Penembak Mati Laskar FPI Tewas dalam Kecelakaan

Dijelaskan dia, kedua trase tol ini muaranya sama-sama menuju Bandara YIA di Kulonprogo dengan pertemuan di Tirtoadi, Mlati, Sleman. Sebab tujuan pembangunan tol ini salah satunya untuk mempercepat transportasi ke YIA dan mendukung pengembangan wisata di DIY dan Jawa Tengah. "Tinggal mana yang lebih cepat prosesnya. Intinya muaranya di YIA. Bisa juga yang dikerjakan lebih dulu yang dari YIA sepanjang ada kesepakatan," kata Totok.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement