Jogja Dilanda Hujan Angin Minggu Sore, Banyak Pohon Tumbang Menimpa Rumah

Foto ilustrasi pohon tumbang di tengah jalan. - ANTARA FOTO/Budi Candra Setya
04 April 2021 18:07 WIB Ujang Hasanudin Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA- Hujan lebat disertai angin yang terjadi di wilayah Jogja dan sekitarnya pada Minggu (4/4/2021) menyebabkan sejumlah pohon tumbang dan menimpa rumah. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jogja, Nur Hidayat mengatakan pohon tumbang di antaranya terjadi di Jalan Kebun Raya, Kalurahan Rejowinangun, Kemantren Kotagede. Pohon waru berdiameter sekitar 40 sentimeter dengan ketinggian sekitar 10 meter tumbang

“Terdampak sempat menghalangi akses jalan, menimpa kabel listrik, dan menimpa gerobak es milik Sarto, 50, ” kata Nur Hidayat.

Baca juga: Sejumlah Destinasi Wisata di Bantul Ini Ramai Wisatawan Saat Libur Paskah

Selain di Kotagede, pohon tumbang juga terjadi di Jalan Bimasakti, Kalurahan Demangan, Kemantren Gondokusuman. Pohon matoa dengan diameter sekita 40 sentimeter dan tinggi sekitar 15 meter milik Prabowo tumbang dan menimpa satu rumah. “Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini,” kata Nur Hidayat.

Kepala Stasiun Klimatologi Sleman, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) DIY, Reni Kraningtyas mengatakan kondisi saat ini wilayah DIY sudah memasuki musim pancaroba atau peralihan dari musim hujan ke musim kemarau yang ditandai sering terjadi kasus kejadian cuaca ekstrem meningkat.

“Ditandai dengan pola angin yang tidak konsisten atau sering berubah arah sudah mulai terjadi,” kata Reni.

Selain itu, saat ini juga terjadi potensi kondisi cuaca panas di beberapa lokasi kemudian terjadi cuaca ekstrem seperti hujan lebat tiba-tiba, angin kencang disertai petir. Kondisi tersebut terjadi sampai beberapa hari ke depan.