Advertisement

Eazy Passport Layani Komunitas Perca

Yosef Leon Pinsker
Selasa, 13 April 2021 - 06:37 WIB
Maya Herawati
Eazy Passport Layani Komunitas Perca   Suasana pelayanan program Easy Passport yang digelar oleh Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jogja kepada komunitas Perca di Hotel Royal Darmo, Senin (12/4). (Harian Jogja - Yosef Leon Pinsker)

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jogja memudahkan layanan kepengurusan Paspor bagi masyarakat di masa pandemi. Dengan layanan Eazy Passport, kini masyarakat tak perlu lagi datang ke Kantor Imigrasi untuk mengurus paspor, petugas imigrasi akan mendatangi lokasi dan proses pembuatan dokumen yang dibutuhkan akan lebih efektif dan optimal.

Seperti yang digelar pada Senin (12/4) di Hotel Royal Darmo, Malioboro. Pada kesempatan itu imigrasi Jogja melayani kepengurusan paspor kepada komunitas perkawinan campuran (Perca). Sedikitnya puluhan anggota komunitas ikut serta dalam pengurusan paspor melalui program Eazy Passport. 

Advertisement

Kepala Seksi Lalu Lintas Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jogja, Sigit Jatmiko mengatakan program ini merupakan inovasi pada bidang pelayanan paspor yang sangat membantu para pemohon paspor di masa pandemi. Eazy Passport merupakan layanan paspor yang dilaksanakan di luar Kantor Imigrasi yakni dengan menuju lokasi pemohon menggunakan mobil layanan paspor keliling dan/atau mobile unit.

"Masyarakat perlu diberikan informasi lebih terkait jenis layanan keimigrasian yang satu ini guna memberikan kemudahan pengurusan paspor dalam masa pandemi," katanya.

Layanan Easy Passport cukup memudahkan masyarakat dalam pengurusan paspor di masa pandemi karena pihak imigrasi yang akan mendatangi langsung tempat yang telah disepakati antara pemohon dengan pihak imigrasi. “Rasa takut masyarakat tertular penyakit dari Covid-19 ini bisa sedikit tereduksi karena mereka tidak perlu meninggalkan tempat tinggal atau kerjanya untuk membuat paspor, kami [Kantor Imigrasi] yang akan datang ke sana [tempat pemohon paspor]," kata Sigit.

Sejak digulirkan pada awal tahun ini, Kantor Imigrasi Jogja telah melayani sejumlah instansi pemerintah, swasta maupun komunitas dalam mengakses layanan ini. Layanan ditargetkan akan digelar minimal satu kali dalam satu bulan selama pandemi berlangsung.

Dia menambahkan, untuk mengakses layanan tersebut, kelompok masyarakat bisa mengajukan permohonan ke Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jogja dan mendaftarkan peserta secara kolektif.

Selanjutnya, petugas imigrasi akan melakukan survei terkait protokol kesehatan dan fasilitas sarana prasana yang mendukung mobile passport di tempat yang akan dituju dalam pelaksanaan Eazy Passport.

"Jika sudah siap semua, tinggal menentukan jadwal kapan Easy Passport akan dilaksanakan, sesuai dengan kesepakatan," ucap Sigit. (Yosef Leon Pinsker)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Ada Kabel Semerawut, ORI DIY: Laporkan!

Ada Kabel Semerawut, ORI DIY: Laporkan!

Jogjapolitan | 10 hours ago

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jadi Markas Pungli Pegawai KPK, 2 Rutan Ditutup

News
| Jum'at, 26 April 2024, 23:47 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement