Tidak Ribet, Vaksinasi Lansia pada RS di Jogja Ini Laris Manis

Ilustrasi vaksinasi Covid-19. - Harian Jogja/Desi Suryanto
16 April 2021 18:57 WIB Sirojul Khafid Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Vaksinasi on the spot untuk lansia di Rumah Sakit Dinas Kesehatan Tentara (RS DKT) Dr. Soetarto, Jogja ramai peminat. Menurut Kepala Urusan Unit Gawat Darurat (UGD) RS DKT dr. Soetarto, Letnan Dua Ahmadi, dalam sehari ada 150 dosis vaksin yang mereka miliki. Sebanyak 70 dosis untuk kuota vaksin on the spot. Sementara sisanya untuk lansia yang telah mendaftar online melalui laman pedulilindungi.id.

Sejak melayani vaksin on the spot pada awal Maret 2021, kuota tersebut selalu habis. “Terus kami bantu masyarakat. Pagi pukul 05.30 WIB masyarakat datang, ngumpulin Kartu Tanda Penduduk (KTP), [kemudian mendapat] nomor dari 1 sampai 70. Kalau enggak digitukan, nanti berebut. Yang datang lebih awal berkesempatan dapat vaksin,” kara Letnan Dua Ahamdi.

Untuk lansia ber-KTP Jogja yang hendak vaksin on the spot, hanya perlu datang ke RS DKT dr. Soetarto dengan membawa KTP. Untuk lansia yang berumur 60 tahun bisa langsung mendapat pelayanan. Saat ini RS DKT dr. Soetarto belum bisa menerima vaksin dari KTP luar Jogja.

“Pada seneng datang ke sini. Mudah, bisa dibantu,” kata Letnan Dua Ahamdi.

Namun khusus untuk tanggal 11-16 April 2021, layanan vaksin dosis pertama untuk lansia secara on the spot belum bisa dilayani. Hal ini lantaran RS DKT dr. Soetarto masih melayani dosis kedua lansia yang sebelumnya vaksin di Jogja Expo Center (JEC), Bantul. Layanan on the spot dosis pertama bisa dilayani lagi mulai Senin (19/4/2021).

Selama tidak menerima dosis pertama lansia tersebut, banyak yang datang ke RS DKT dr. Soetarto dan bertanya terkait vaksin. “Sudah banyak yang tanya juga, yang tidak bisa online, android enggak punya,” kata Letnan Dua Ahmadi.

Prioritas Vaksin 

Vaksinasi bulan April 2021 di Kota Jogja prioritaskan untuk lansia. Menurut Kepala Bidang Pencegahan, Pengendalian Penyakit, dan Penyelolaan Data dan Sitem Informasi Kesehatan Dinas Kesehatan Jogja, Lana Unwanah, ada tambahan 30.000 dosis vaksin yang datang ke Jogja beberapa waktu lalu. Seluruh dosis ini untuk vaksinasi lansia.

Selama Ramadan, vaksinasi lansia tetap berjalan di fasilitas kesehatan seperti puskesmas, klinik, dan lainnya. Akan ada pula vaksinasi massal bagi lansia di malam hari. “[Mulai] Jumat malam depan,” kata Lana saat dihubungi secara daring pada Jumat (16/4/2021).