Pasar Tumpah Diingatkan soal Penerapan Prokes

Petugas Satpol PP meminta masyarakat tidak berkerumun di kawasan Titik Nol Kilometer, Kota Jogja, Kamis (31/12/2020) malam. - ANTARA FOTO/Luqman Hakim\\r\\n
18 April 2021 13:57 WIB Jumali Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL - Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Bantul Yulius Suharta mengatakan sampai saat ini penindakan berupa pembubaran maupun penutupan pasar tumpah di Bantul belum dilakukan. Sebab, Satpol PP menilai sejauh ini para pedagang masih kooperatif dan mau menerapkan protokol kesehatan dengan maksimal.

BACA JUGA : Selama Ramadan, Jalan Kemasan Kotagede Dibikin Satu Arah

“Kami hanya mengingatkan kepada mereka untuk memakai masker dan menghindari kerumunan. Sejauh ini tidak sampai ada yang dibubarkan. Karena tindakan edukatif kami nyatanya dipahami oleh para pedagang,” kata Yulius, Minggu (18/4/2021).

Di sisi lain, ada hal yang wajib menjadi perhatian bersama, yakni keberadaan penyalaan petasan dan balap liar di beberapa tempat di Bantul. Sebab, aktivitas penyalaan petasan dan balap liar yang belakangan terjadi sudah meresahkan warga.

BACA JUGA : Semarakkan Ramadan, Qhomemart Gelar Safari Masjid bersama Karcher

“Sementara jika ditindak, sepertinya tidak bisa dilakukan sendiri oleh kami. Oleh karena itu, kami akan koordinasi apakah nantinya akan dibantu oleh petugas dari Kodim maupun Polres untuk penindakan aksi balap liar dan penyalaan petasan ini,” ucap Yulius.