Aturan Mudik Diperketat, Begini Kondisi di Terminal Giwangan

Pemudik bersiap menaiki bus tujuan luar daerah di terminal Giwangan, Kota Jogja, Jumat (23/4/2021). - Harian Jogja/Yosef Leon
25 April 2021 14:47 WIB Yosef Leon Pinsker Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Jumlah penumpang dengan tujuan luar kota baik yang datang maupun berangkat di terminal Giwangan dan beberapa stasiun kereta api (KA) di Kota Jogja masih menunjukkan jumlah yang normal sejak pemerintah memperketat aturan larangan mudik.

Meski jumlah penumpang menunjukkan angka yang fluktuatif, namun secara umum tidak terdapat lonjakan penumpang yang signifikan menjelang Lebaran mendatang.

Koordinator Satuan Pelayanan Terminal Tipe A Giwangan, Bekti Zunanta mengatakan, meski pemerintah telah memperketat aturan larangan mudik sejak 22 April lalu belum terdapat lonjakan penumpang yang signifikan di terminal itu. Jumlah penumpang maupun bus yang berangkat maupun datang masih sama dengan hari normal biasanya.

Baca juga: Pakar Sarankan Karantina Tak Hanya WN India, tapi Seluruh Pelaku Perjalanan Luar Negeri

"Kondisinya masih normal, belum ada lonjakan penumpang. Kalau dari data kemarin belum ada kenaikan dari hari biasa," ujarnya, Minggu (25/4/2021).

Bekti menjelaskan, berdasarkan data penumpang, adapun jumlah bus AKAP yang keluar dan masuk ke terminal itu sejak pemerintah memperketat aturan larangan mudik pada 22-24 April lalu berjumlah sebanyak 1.093 bus yang datang dan 1.114 yang berangkat.

Sementara jumlah penumpang yang datang sebanyak 5.680 dan 8.054 yang berangkat. "Itu jumlah total bus dan penumpang selama tiga hari. Jumlahnya masih normal dibanding dengan hari biasa, tidak ada lonjakan penumpang," ujarnya.