Jembatan Baru Gembira Loka Zoo Mulai Dioperasikan

Suasana hari pertama uji coba jembatan baru Gembira Loka Zoo, Kamis (29/4). Harian Jogja - Sirojul Khafid.
29 April 2021 15:37 WIB Sirojul Khafid Jogja Share :

Harianjogja.com, KOTAGEDE -- Uji coba penggunaan jembatan baru di sebelah utara Gembira Loka Zoo dimulai dilakukan hari ini, Kamis (29/4/2021).

Menurut Kepala Dinas Perhubungan Kota Jogja, Agus Arif Nugroho, pantauan hari pertama uji coba tergolong lancar. Adapun penumpukan kendaraan di beberapa titik merupakan bagian dari penyesuaian. Namun kepadatan ini tidak bertahan lama.

Agus mengatakan secara umum, lalu lintas sekitar jembatan masih landai. "Enggak ada kendala, masyarakat mungkin sudah tahu kondisinya, lancar kok," kata Agus.

BACA JUGA : Ada Kendala, Uji Coba Jembatan Gembira Loka Zoo Ditunda

Dalam seminggu ke depan, Dishub Kota Jogja dan dinas terkait lain akan terus evaluasi. Sejauh ini, evaluasi yang sudah ada seperti perlunya penambahan rambu lalu lintas. Adapula rencana pemindahan sarana seperti taman dan lainnya.

"Semoga sebelum lebaran semua sudah tertata. Sehingga ada hal-hal kebaruan terkait arus lalu lintasnya bisa lebih lancar," kata Agus.

Selama beroperasi, ada beberapa rekayasa lalu lintas di jembatan baru Gembira Loka Zoo ini. Untuk pengendara dari arah timur ke barat, akan melewati jembatan baru yang berada di sisi selatan. Sementara pengendara di Jalan Kusumanegara dari arah barat ke timur harus melewati jembatan lama yang berada di sisi utara. 

Selain itu, pengendara dari Jalan Kebun Raya tidak boleh lagi berbelok ke kanan atau arah timur, melainkan wajib ke kiri melalui jembatan baru. Begitu pula pengendara dari Jalan Kusumanegara, tidak bisa lagi belok ke kanan menuju Jalan Kebun Raya, tetapi lurus ke timur hingga Gedongkuning.

BACA JUGA : Ini Penyebab Jembatan Gembira Loka Belum Difungsikan

"Ketika jembatan baru sudah dioperasikan, maka sisi timur jembatan sudah tidak bisa untuk kendaraan. Itu bisa membahayakan sehingga akan kami halau," kata Agus.

Meski pun ke depan alur lalu lintas akan terdampak, hal ini guna mengutamakan aspek keselamatan selama masa uji coba. Kasat Lantas Polresta Jogja, Kompol Chandra Lulus Widiantoro mengatakan bahwa perubahan rekayasa lalu lintas juga akan terjadi di simpang SGM, khususnya bagi kendaraan dari arah utara atau Jalan Kenari yang hendak berbelok ke kiri menuju Jalan Kusumanegara.

"Untuk di Simpang SGM, arus lalu lintas dari Utara ke Timur yang sebelumnya bisa langsung belok kiri berubah menjadi ikuti lampu [lalu lintas]," kata Kompol Chandra.

Selama uji coba, personil Polresta Jogja dan Dishub Kota Jogja akan melihat lalu lintas kendaraan di kawasan tersebut. Pada dasarnya, pembangunan jembatan baru sebagai pelengkap jembatan lama. Harapannya ke depan beban dan volume kendaraan dapat terbagi dan memperpanjang umur jembatan. Dalam proses pembuatannya, jembatan baru ini menghabiskan anggaran sekitar Rp6 miliar.