Dinas Perdagangan Jogja Tambah Personel Jaga Pasar

Pedagang beraktivitas di los Barat Pasar Beringharjo, Senin (3/5/2021). - Harian Jogja/Yosef Leon
04 Mei 2021 17:37 WIB Sirojul Khafid Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Dinas Perdagangan Kota Jogja menambah 30 personel untuk menjaga keamanan dan ketertiban (kamtib) pasar-pasar menjelang Lebaran. Menurut Kepala Dinas Perdagangan Kota Jogja, Yunianto Dwisutono, tambahan personel akan ditempatkan di pasar-pasar besar, seperti Pasar Beringharjo dan Pasar Prawirotaman karena saat ini jumlah pengunjung di pasar-pasar Jogja mulai meningkat.

"Sebelumnya memang kami optimalkan yang ada karena [jumlahnya] belum memenuhi," kata Yunianto, Selasa (4/5/2021).

BACA JUGA: Pemudik Mulai Tiba di Gunungkidul

Di Pasar Beringharjo, khususnya bagian barat, pengunjung mulai ramai di kios-kios penjual pakaian.

"Walaupun memang kami sadari di pasar mengalami kesulitan, tetap kami terapkan [prokes]. Kami upayakan secara maksimal," kata Yunianto.

Sampai saat ini belum ada pembatasan di area pasar. Jumlah pengunjung masih dalam kondisi normal dan bisa diatasi. Adapun perkiraan puncak kepadatan pengunjung di pasar mulai 9 Mei 2021 sampai Idulfitri pada 13 Mei 2021.

"Kemudian nanti setelah Lebaran, biasanya ada beberapa yang datang ke Jogja yang biasa mudik ini mencari cendera mata, oleh-oleh," kata Yunianto.

Bintoro, Koordinator Pasar Beringharjo Bagian Barat, mengatakan sejak awal puasa pengunjung menurun drastis. Padahal sebelum puasa pengunjung tergolong ramai. Kondisi sepi juga terjadi meskipun pada akhir pekan.