Kasus Sate Beracun: Beda dengan Kesaksian Ketua RT, Polda DIY Sebut Nani & Aiptu Tomi Tak Nikah Siri

Nani Aprilliani Nurjaman, 25, tersangka kasus sate beracun-Harian Jogja - Jumali
06 Mei 2021 19:07 WIB Newswire Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN--Polda DIY memberi keterangan yang bertolak belakang dengan warga ihwal nikah siri antara polisi bernama Tomi dengan tersangka kasus sate beracun Nani Aprilliani Nurjaman.

Kabid Humas Polda DIY Kombes Pol Yuliyanto menyatakan bahwa berdasarkan keterangan yang dihimpun dari tersangka sate beracun sianida, Nani Aprilliani Nurjaman (25) dan Aiptu Tomi sama-sama membantah telah menikah secara siri.

Keterangan itu dipastikan dari hasil pemeriksaan yang telah dilakukan kepada kedua pihak.

"Jadi pemeriksaan kepada N [Nani] bahwa sebenarnya tidak melakukan seperti yang disampaikan selama ini atau isu yang berkembang selama ini. Bahwa yang bersangkutan itu melakukan nikah siri, tidak. Ini menurut keterangan dari N," kata Yuli saat ditemui awak media, di Mapolda DIY, Kamis (6/4/2021).

BACA JUGA: Kasus Sate Beracun: Polisi Geledah Salon Tempat Na Bekerja

Polisi yang juga telah mendapat keterangan dari Tomi, kata Yuli, mengatakan hal serupa bahwa yang bersangkutan tidak melakukan nikah siri.

"Termasuk keterangan dari T juga tidak melakukan nikah siri," ucapnya.

Mengenai hubungan keduanya antara Nani dan Tomi sendiri, Yuli menuturkan bahwa saat ini pihaknya juga masih mendalami hal tersebut. Sehingga memang belum dapat disimpulkan secara pasti hubungan mereka.

"Itu masih di dalami lebih lanjut, belum disimpulkan, yang jelas yang bersangkutan kedua-duanya tidak mengakui kalau pernah melakukan nikah siri," tegasnya.

Ditanya terkait dengan pihak desa yang menyebut keduanya mengaku pasangan siri saat mengontrak rumah, Yuli menyebut bahwa pihaknya masih tetap perlu memastikan lagi kebenaran itu.

Menurutnya diperlukan keterangan dari pihak-pihak terkait mengenai sebaran informasi tersebut.

Termasuk dengan melakukan kroscek kepada dalam hal ini kepada pengurus lingkungan di mana NA tinggal, tepatnya di Jalan Potorono, Cepokojajar, Sitimulyo, Piyungan, Bantul.

Iya itu nanti perlu dikroscek atau diambil keterangan bersama-sama antara pihak perangkat dusun dengan yang memberikan informasi itu. Harus dilakukan konfrontasi mana yang benar dan apa maksud dari penyampaian itu. Tentunya nanti akan dilakukan konfirmasi lebih lanjut," terangnya.

Selain itu Yuli juga menyebut bahwa keduanya Tomi dan Nani berbeda keyakinan. Sehingga, dengan keadaan seperti itu tidak memungkinkan untuk keduanya menikah secara siri.

Sebelumnya diberitakan bahwa tersangka sate beracun Nani Aprilliani Nurjaman diketahui berstatus nikah siri dengan sosok yang bernama Tomi. Hal tersebut diungkap Ketua RT tempat tinggal Nani yakni RT 3, Padukuhan Cepokojajar, Srimulyo, Piyungan, Bantul, Agus Riyanto (40).

Nani Aprilliani Nurjaman sudah sekitar setahun lalu menempati rumah di Padukuhan Cepokojejer RT 3, Sitimulyo, Piyungan Bantul.

"Oh tinggal 1 tahun lebih. Bersama istri ini siri ya, Tomi ini kan nikah siri," ujar Agus Riyanto ditemui wartawan, Selasa (4/5/2021).

Ia menjelaskan bahwa keduanya mengaku nikah siri setelah keduanya menghubungi Agus. Mereka berniat tinggal di wilayah Cepokojejer.

"Sebelum tinggal di sini pak Tomi dan mbak Nani telpon saya dan menemui saya untuk tinggal di sini. Jadi jika ada warga baru harus laporan ke sini dan dari laporan mereka sudah menikah siri," terang Agus.

Meski demikian, pihaknya tak memiliki bukti terkait nikah siri itu. Namun Agus dihubungi orang tua Nani Aprilliani Nurjaman jika keduanya sudah menikah secara sah sesuai keyakinan agama mereka.

Sumber : Suara.com