Advertisement

85 Persen Orangtua Siswa SD & SMP di Kota Jogja Izinkan Anaknya Ikut PTM

Sirojul Khafid
Jum'at, 07 Mei 2021 - 09:27 WIB
Sunartono
85 Persen Orangtua Siswa SD & SMP di Kota Jogja Izinkan Anaknya Ikut PTM Suasana PTM di SDN Serayu, Jogja, Rabu (28/4/2021). - Harian Jogja/Sirojul Khafid

Advertisement

Harianjogja.com, DANUREJAN -- Setelah menjalani simulasi Pembelajaran Tatap Muka (PTM) tahap pertama di Kota Jogja pada 27 April sampai 5 Mei 2021, hasilnya di atas 85 persen dari total orangtua mengizinkan anaknya. Simulasi PTM ini untuk kelas 4 dan 5 tingkat Sekolah Dasar (SD) serta kelas 7 dan 8 untuk tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Menurut Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kota Jogja, Budi Santoso Asrori, orang tua yang masih belum mengizinkan anaknya untuk PTM karena berbagai hal, termasuk masih ragu anaknya sekolah di masa Pandemi Covid-19. Sebagai contoh, di SMPN 1 Jogja, dari total murid kelas 7 sebanyak 253 anak, yang belum diizinkan orang tua sebanyak 17 anak. Sementara untuk kelas 8, dari total 284 murid, yang belum diizinkan orang tuanya sebanyak 40 anak.

Advertisement

BACA JUGA : Siswa PTM di DIY Akan Dites Covid-19

"Kami tetap menyediakan akses pembelajaran jarak jauh, agar anak tetap belajar di rumah," kata Budi, Kamis (6/5).

"Kami tidak bisa memaksakan PTM, karena sudah menyediakan pembelajaran jarak jauh juga."

Kepala SDN Lempuyangwangi, Esti Kartini, semua anak kelas 5 yang berjumlah 84 murid mendapat izin orang tua seluruhnya. Adapun beberapa anak yang tidak masuk lantaran urusan lain, salah satunya berada di luar Kota Jogja. "Kalau kelas 4 total 86 murid, sebelas anak belum diizinkan orang tua," kata Esti.

Beralih ke SDN Serayu, dari total murid kelas 4 dan 5 berjumlah 121 anak, sebanyak 21 anak belum hadir pada PTM tahap pertama.

"Ada yang anaknya masih di luar kota, belum diizinkan orang tua, dan lainnya. Yang jelas kami tidak bisa memaksa, tapi tetap dilayani secara daring seperti biasanya," kata Kepala SDN Serayu, Marsono.

BACA JUGA : Uji Coba Pembukaan Sekolah di DIY Dinilai

Adapun sekolah yang menjalani simulasi PTM yaitu SMPN 1 Jogja, SMPN 7 Jogja SMPN 8 Jogja, SMPN 9 Jogja, dan SMPN 15 Jogja. Sementara tingkat SD yaitu SDN Margoyasan, SD Muhammadiyah Karangkajen, SDN Lempuyangwangi, SDN Serayu, dan SDN Tegalrejo I.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Anggaran Pupuk Bersubsidi Sentuh Rp54 Triliun, Mentan: Awasi Distribusinya

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 18:07 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement