Advertisement

Merapi Masih Bergejolak, Luncurkan Awan Panas hingga 2 Kilometer

Newswire
Jum'at, 07 Mei 2021 - 21:27 WIB
Bhekti Suryani
Merapi Masih Bergejolak, Luncurkan Awan Panas hingga 2 Kilometer Awan Panas Guguran Gunung Merapi terlihat dari wilayah Condongcatur, Depok, Sabtu (27/3/2021) pagi. - Harian Jogja/Lugas Subarkah

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Gunung Merapi hingga kini masih terus bergejolak dan meluncurkan berkali-kali awan panas.

Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) melaporkan aktivitas Gunung Merapi dalam sepekan terakhir atau dalam periode tanggal 30 April hingga 6 Mei 2021. Dalam periode pengamatan tersebut tercatat sejumlah guguran awan panas dan puluhan lava masih terus terjadi.

Advertisement

Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Hanik Humaida mengatakan dalam periode pengamatan seminggu terakhir terjadi sebanyak 12 kali awan panas guguran. Dari jumlah tersebut jarak luncur maksimal mencapai 2.000 meter atau 2 kilometer ke arah barat daya.

BACA JUGA: Catat! 11 Tips Jaga dan Olah Kalori Tubuh, Auto Sehat dan Langsing

"Awanpanas guguran terjadi sebanyak 12 kali dengan jarak luncur teramati sejauh 2.000 m ke arah barat daya dan terekam pada seismogram dengan amplitudo maksimal 61 mm dan durasi 146 detik," kata Hanik dalam keterangan tertulisnya, Jumat (7/5/2021).

Hanik menuturkan dalam periode pengamatan tersebut cuaca di sekitar Gunung Merapi umumnya cerah pada pagi dan malam hari, sedangkan siang hingga sore hari berkabut.

BACA JUGA: Update Covid-19 DIY 7 Mei 2021, Sehari 11 Orang Meninggal Dunia

Selain awan panas guguran, lava dari puncak Merapi masih terus teramati. Kali ini guguran lava tidak hanya mengarah ke barat daya melainkan ke arah tenggara juga.

"Guguran lava teramati sebanyak 74 kali dengan jarak luncur maksimal 2.000 meter ke arah barat daya dan 2 kali ke arah tenggara dengan jarak luncur 600 meter," ungkapnya.

Dijelaskan Hanik, berdasarkan hasil analisis foto area puncak menunjukkan volume kubah di sektor barat daya terus berkembang. Hingga saat ini perkembangan itu sebesar 1.100.000 meter kubik dengan laju pertumbuhan 17.000 meter kubik per hari.

Sementara itu volume kubah lava di tengah pun juga terus berkembang. Bahkan volume kubah lava tengah lebih besar dibanding kubah lava di sektor barat daya.

"Volume kubah tengah sebesar 1.700.000 meter kubik dengan laju pertumbuhan 14.000 meter kubik per hari," ujarnya.

Mengenai kegempaan yang masih terus terjadi di Gunung Merapi, kata Hanik, pada minggu ini intensitas kegempaan lebih tinggi dibandingkan minggu lalu.

Sedangkan deformasi Gunung Merapi yang dipantau dengan menggunakan EDM, disebutkan Hanik pada minggu ini menunjukkan laju pemendekan jarak sebesar 0,6 cm/hari.

"Selain itu tidak dilaporkan terjadi lahar maupun penambahan aliran di sungai-sungai yang berhulu di Merapi," tuturnya.

Hanik menambahkan potensi bahaya saat ini berupa guguran lava dan awan panas pada sektor selatan-barat daya meliputi Kali Kuning, Boyong, Bedog, Krasak, Bebeng, dan Putih sejauh maksimal 5 km. Sementara potensi bahaya pada sektor tenggara yaitu sungai Gendol sejauh 3 km.

Sedangkan untuk kemungkinan jika terjadi lontaran material vulkanik saat terjadi letusan eksplosif dapat menjangkau radius 3 km dari puncak.

"Untuk yang berada di luar potensi daerah bahaya saat ini kondusif untuk beraktivitas sehari-hari," imbuhnya.

Selain itu kegiatan penambangan di alur sungai-sungai yang berhulu di Gunung Merapi dalam KRB III juga tetap direkomendasikan untuk dihentikan sementara waktu.

Ditambah dengan imbauan kepada pelaku wisata agar tidak melakukan kegiatan wisata di KRB III Gunung Merapi termasuk kegiatan pendakian ke puncak dalam kondisi saat ini.

Perlu diketahui juga hingga saat ini, BPPTKG masih menetapkan status Gunung Merapi pada Siaga (Level III). Jika terjadi perubahan aktivitas yang signifikan, maka status aktivitas Gunung Merapi akan segera ditinjau kembali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Suara.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement