PMI DIY Siapkan 7 Pos Pelayanan Pertolongan Pertama selama Lebaran

Ketua PMI DIY, GBPH. H. Prabukusumo, S.Psi meninjau salah satu pos Pelayanan Pertolongan Pertama & Ambulans 24 Jam di Jogja. - Ist/PMI DIY
11 Mei 2021 23:47 WIB Bernadheta Dian Saraswati Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Palang Merah Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta (PMI DIY) menyiapkan tujuh Pos Pelayanan Pertolongan Pertama & Ambulans 24 Jam, melibatkan 394 personil termasuk dokter dan paramedis serta 22 ambulans.

“Kami siagakan personil yang memiliki pengetahuan serta keterampilan pertolongan pertama. Mereka akan bertugas 24 jam dalam dua sampai tiga shift per hari di tujuh Pos PMI di Daerah Istimewa Yogyakarta," kata Ketua PMI DIY, GBPH. H. Prabukusumo, S.Psi, dalam rilis yang diterima Harianjogja.com, Selasa (11/5/2021). 

“Lebaran tahun ini berbeda karena masih terdampak Corona, pemerintah sudah mengeluarkan surat edaran tentang ketentuan mudik Lebaran tahun 2021, Pos PMI difokuskan di Markas PMI se-DIY, namun juga ada yang keliling ke tempat-tempat wisata maupun titik-titik keramaian”, lanjut Gusti Prabu.

Masyarakat bisa mengakses Pos PMI di Markas PMI Kabupaten/Kota di DIY. Pos Markas PMI Kota Jogja akan beroperasi di Markas PMI Kota Jogja, Jalan Tegalgendu 25 Kotagede telepon 0274372176 pada tanggal 10 Mei sampai dengan 15 Mei 2021 dengan tiga ambulans. Sementara, PMI Kabupaten Bantul membuka layanan pertolongan pertama juga ambulans keliling di titik-titik keramaian Wilayah Bantul mulai tanggal 12 sampai dengan 15 Mei 2021 dengan 3 ambulans. Pos Markas PMI Kabupaten Bantul berada di Jalan Jenderal Sudirman Nomor 1 Bantul, telepon 0274367987.

Sedangkan PMI Kabupaten Sleman akan siaga di Pos Markas PMI Kabupaten Sleman Jalan Radjimin Sucen Triharjo Sleman telepon 0274868900 dengan lima ambulans pada 8 Mei sampai dengan 17 Mei 2021. PMI Kabupaten Kulon Progo akan siaga di Markas PMI Kabupaten Kulon Progo Jalan Bhayangkara Serut Pengasih Kulon Progo telepon 0274773244 dengan tiga ambulans emergency dan satu ambulans jenazah pada tanggal 10 sampai 15 Mei 2021. Bekerja sama dengan TNI, Polri dan Dinas Perhubungan bertugas membantu pertolongan pertama dan kecelakaan, penyekatan serta promosi kesehatan di wilayah Kulon Progo. Selain Pos di Markas, PMI Kabupaten Gunungkidul juga akan mendirikan Pos Bersama di Gading Playen serta berkeliling kawasan pantai mengantisipasi wisatawan dengan menyiagakan lima ambulans.

Baca juga: Lapan Sebut Idulfitri Jatuh pada 13 Mei 2021, Begini Penjelasannya

“Untuk PMI DIY, kami siagakan personil dari relawan juga dokter dan paramedis dari Klinik Pratama PMI DIY”, ungkap dr Endang Pudjiastuti, M.Kes selaku Wakil Ketua Bidang Pelayanan Sosial dan Kesehatan PMI DIY.

Masyarakat yang memerlukan informasi terkait pertolongan pertama jika mengalami kedaruratan dapat membuka dan mengunduh Aplikasi Pertolongan Pertama (first aid) di Play Store. Sedangkan untuk mengetahui stok darah PMI di DIY bisa mengakses ayodonor.pmi.or.id atau akun twitter @pmi_diy.

Selama libur Lebaran pelayanan darah 24 jam sedangkan pelayanan donor darah mulai pukul 08.00-20.00 WIB di 5 (lima) Unit Donor Darah PMI wilayah DIY.

“Stok darah selama Ramadan dan Lebaran menipis di lima kabupaten/kota. Kita mengantisipasi stok darah menipis terutama pada H-7 sampai dengan H+7 Lebaran. Selain tren tahunan, Pandemi Covid-19 serta vaksin ternyata cukup memengaruhi kondisi stok darah tahun ini. Untuk itu, kami mengimbau pendonor darah sukarela untuk tetap mendonorkan darahnya ke Unit Donor Darah PMI yang biasa dikunjungi sehingga masyarakat yang membutuhkan tetap mendapatkan pelayanan dengan baik. Masyarakat yang sudah dua minggu setelah vaksin Covid-19 kedua sudah bisa mendonorkan darahnya ke PMI. Masyarakat yang sedang berencana akan vaksin, kami imbau untuk berdonor darah terlebih dahulu. Bagi yang sudah pernah terpapar Covid-19 pun juga bisa membantu Saudara-Saudara kita dengan mendonorkan plasma konvalesen”, ungkap dr. Suryanto, Sp.PK, Wakil Ketua Bidang Tranfusi Darah PMI DIY.

Untuk menarik pendonor darah beberapa UDD PMI Kabupaten/Kota menyelenggarakan doorprize menarik. Seperti di UDD PMI Kabupaten Sleman, selain telah bekerja sama dengan kapanewon dan beberapa organisasi untuk rutin menyelenggarakan donor darah juga mengadakan doorprize berupa lemari es, televisi, sepeda gunung dan lainnya yang akan diundi pada akhir Syawal 1442 H. Undian berhadiah ini berlaku untuk pendonor darah yang mendonorkan darah di PMI Sleman mulai awal Ramadan sampai dengan 15 Syawal 1442 H. 

Doorprize

Sementara, Unit Donor Darah PMI Kabupaten Kulon Progo juga menyelenggarakan hal yang sama dengan doorprize di antaranya panci set, kompor, seterika, blender, rice cooker, dispenser juga sepeda untuk periode donor darah 23 April sampai dengan 13 Juni 2022, dan pengundian akan dilakukan pada 14 Juni 2022. 

Untuk membangun semangat persaudaraan serta kepedulian terhadap kemanusiaan, PMI membutuhkan jejaring yang luas, di antaranya dengan mengajak insan pers baik media cetak maupun elektronik untuk berperan serta mendiseminasikan dan mewartakan kegiatan-kegiatan kemanusiaan yang dilakukan PMI. Mari bersama menebar senyum, tiada henti berkarya untuk kemanusiaan.*