Advertisement

Sepanjang Libur Lebaran Ada 7.989 Kendaraan Ditolak Masuk DIY

Newswire
Selasa, 18 Mei 2021 - 22:17 WIB
Bhekti Suryani
Sepanjang Libur Lebaran Ada 7.989 Kendaraan Ditolak Masuk DIY Suasana pemeriksaan kendaraan di pos penyekatan Prambanan, Jumat (14/5/2021). - Harian Jogja - Yosef Leon

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta mencatat sebanyak 7.989 kendaraan baik roda empat maupun roda dua diminta putar balik di sepuluh titik perbatasan provinsi ini selama Operasi Ketupat Progo 2021.

Kepala Bidang Humas Polda DIY Kombes Pol Yuliyanto di Mapolda DIY, Yogyakarta, Selasa, mengatakan kendaraan yang diminta putar balik mencapai 35 persen dari keseluruhan kendaraan yang diperiksa sejak 6 sampai 17 Mei 2021.

Advertisement

"Ada 7.989 kendaraan (diputarbalik), kira-kira 35 persen dari kendaraan yang diperiksa," kata dia, Selasa (18/5/2021).

Selama 12 hari pelaksanaan penyekatan di perbatasan wilayah DIY, menurut Yuliyanto, Polda DIY bersama TNI dan Satpol PP DIY telah memeriksa sebanyak 27.782 kendaraan, baik roda empat, roda dua, bus, serta kendaraan muatan barang.

Penyekatan dilakukan di 10 titik pos "check point" yang berlokasi di Temon, Tempel, Prambanan, Bedoyo, Hargodumilah, Exnataputra, Demangan, Piyungan, Srandakan, dan Sedayu.

BACA JUGA: Peta Telur Ceplok Ini Jelaskan Candi Borobudur Ada di Kabupaten Magelang, Bukan di Jogja

"Dari data yang diperiksa, paling banyak yang akan melintas di Pos Prambanan mencapai 11.644 kendaraan," kata dia.

Sebagian kendaraan yang diloloskan masuk wilayah DIY, menurut dia, dipastikan memenuhi syarat di antaranya membawa surat tugas terkait pekerjaan di Yogyakarta atau warga DIY yang memiliki pelat nomor kendaraan luar daerah.

"Rata-rata mereka orang-orang yang tinggal di perbatasan yang bekerja di DIY," kata dia.

Ia menegaskan selama operasi ini Polda DIY mengedepankan langkah-langkah preemtif dan preventif disertai penegakan hukum jika ditemukan pelanggaran.

Selain penyekatan di perbatasan provinsi, menurut dia, di dalam kota juga telah dilaksanakan pengamanan dan pelayanan swab antigen secara acak bagi masyarakat.

Pelaksanaan rapid tes antigen secara acak terhadap para pengendara yang melewati pos check point selama Operasi Ketupat Progo 2021 menyasar 5.136 orang. "Hasil negatif sebanyak 5.130 orang dan positif sebanyak enam orang," ujar Yuliyanto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pemerintah Perpanjang Kenaikan HET Beras Premium untuk Jaga Stok di Pasaran

News
| Selasa, 19 Maret 2024, 14:47 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement