Tak Hanya di Puskesmas, Lansia Bantul Juga Bisa Divaksinasi di Posyandu

Lansia menjalani vaksinasi di Posyandu Lansia Padukuhan Kedon, Kalurahan Sumbermulyo, Kapanewon Bambanglipuro, Rabu (19/5/2021). - Harian Jogja/Jumali
19 Mei 2021 16:17 WIB Jumali Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL—Vaksinasi lansia di Bantul tidak hanya dilakukan di puskesmas, tetapi juga dilakukan di posyandu lansia.

Di Padukuhan Kedon, Kalurahan Sumbermulyo, Kapanewon Bambanglipuro, ratusan lansia disuntik vaksin di  posyandu lansia setempat.

BACA JUGA: Tarik Parkir Rp5.000 untuk Motor, Dua Tukang Parkir di Jogja Didenda Rp500.000

Ketua Posyandu Lansia, Padukuhan Kedon, Subardiyono menyatakan awalnya ada 198 lansia yang terdaftar menerima vaksin. Namun, ada 19 lansia yang meninggal dunia, sehingga tidak divaksinasi.

Selain itu ada beberapa lansia tidak divaksinasi karena sedang sakit.

Subandriyono menilai, animo lansia menjalani vaksinasi tinggi. Sebab, banyak lansia yang hadir meskipun harus didampingi anggota keluarganya. Kendala yang terjadi saat vaksinasi di tempat tersebut adalah tekanan darah tinggi dan jantung lemah.

"Mengingat usia mereka yang memang sudah lansia," kata dia, Rabu (19/5/2021).

BACA JUGA: Kekerasan Jalanan di Sleman Libatkan Ormas, Satu Orang Tewas

Kepala Puskesmas Bambanglipuro, Tarsisius Glori menyatakan vaksinasi yang dilakukan di Posyandu Lansia Padukuhan Kedon, bukan kali pertama di wilayahnya.

"Ini dilakukan untuk mempermudah para lansia saja. Petugas tetap dari puskesmas," katanya.

Terpisah, Kasi Surveilans dan Imunisasi Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit Dinkes Bantul, Abednego Dani Nugroho menyatakan dari 122.672 lansia yang menjadi target vaksinasi, sampai saat ini baru 15,6% yang sudah disuntik vaksin.