Desa di Sleman Ini Dinobatkan sebagai Kalurahan Terbaik

Ilustrasi. - Freepik
20 Mei 2021 20:27 WIB Abdul Hamied Razak Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN- Kalurahan Tamanmartani, Kapanewon Kalasan berhasil meraih predikat Kalurahan Terbaik 1 dalam kegiatan Evaluasi Perkembangan Desa Tingkat Kabupaten Sleman Tahun 2021.

Kegiatan Penilaian Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan (EPDesKel) Tingkat Kabupaten pada 2021 ini diadakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kalurahan (DPMK) Sleman. Lomba ini mengangkat Tema “Desa dan Kelurahan Bangkit, Sehat, Maju dan Sejahtera di Masa Pandemi Covid-19”.

"Kegiatan ini diadakan berdasarkan Permendagri No.81/2015 tentang EPDesKel. Tujuannya untuk mengetahui capaian yang ada di kalurahan selama kurun waktu satu tahun dalam mewujudkan peningkatan kualitas hidup masyarakat pada aspek penyelenggaraan pemerintahan, kewilayahan serta kemasyarakatan," kata Kepala DPMK Sleman Budiharjo, Kamis (20/5/2021).

Dia menjelaskan, lomba tersebut mengundang 17 Kalurahan yang ditunjuk untuk mewakili 17 Kapanewon. Masing-masing kalurahan mengirimkan 5 orang perwakilan yang terdiri Lurah, pamong, BPK dan Tim Penggerak PKK Kalurahan.

Dari jumlah tersebut, dipilih lima terbaik di mana Kalurahan Tamanmartani meraih terbaik I dan berhak memperoleh uang pembinaan Rp110 juta, Kalurahan Widodomartani Terbaik 2 memperoleh uang pembinaan Rp60 juta. Kalurahan Sardonoharjo Terbaik 3 memperoleh uang pembinaan Rp 30juta.

BACA JUGA: Duh...Pak Dukuh di Gunungkidul Bogem Istri Sampai Babak Belur

Untuk Harapan 1 diraih Kalurahan Umbulharjo, Cangkringan dengan uang pembinaan Rp 25juta dan
Harapan 2 Kalurahan Madurejo, Prambanan dengan uang pembinaan Rp 15juta.

Lurah Tamanmartani Gandang Hardjanata mengatakan raihan prestasi tersebut bukan untuk kalurahan tetapi dipersembahkan untuk warga Tamanmartani. Dia berharap kemenangan itu dapat mendorong warga untuk tetap menjaga semangat dalam menghadapi covid 19 ini.

"Kemenangan ini juga atas kerja sama warga yang artinya yang juara adalah warga Tamanmartani. Pada kesempatan ini saya pribadi mengucapkan banyak terima kasih kepada warga Tamanmartani atas segala partisipasinya," kata Ketua Pengurus Suryo Ndadari ini.