Pemda DIY Akan Buka Lowongan CPNS 56 Formasi dan PPPK 210 Formasi, Siap-siap Daftar!

Ilustari pendafataran CPNS online. - menpan.go.id
27 Mei 2021 12:57 WIB Ujang Hasanudin Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Pemda DIY memastikan tahun ini membuka pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) setelah mendapat kepastian dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) bahwa DIY mendapat kuota CPNS sebanyak 56 formasi.

Selain CPNS, DIY juga mendapat kuota Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (PPK) sebanyak 210 formasi.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DIY, Amin Purwani mengatakan CPNS tahun ini terbanyak adalah lowongan PPPK sebanyak 210 fotmasi, yang terdiri dari guru sebanyak 184 formasi dan tenaga teknis non-guru sebanyak 26 formasi. “Data ini yang sudah disetujui Kemepan-RB,” kata Amin, Kamis (27/5/2021).

BACA JUGA : Daftar CPNS 2021: Ini Daftar Formasi yang Dibutuhkan Pusat

Amin mengatakan tahapan CPNS dan PPPK akan dimulai akhir bulan ini sampai akhir Juni nanti. Dia meminta masyarakat yang berminat untuk menjadi ASN agar segera mempersiapkan diri.

Tes CPNS dan PPPK nantinya akan digelar sesuai dengan protokol kesehatan karena masih dalam kondisi pandemi Covid-19, “Tempat tes di Jogja Expo Center [JEC] sesuai dengan protokol kesehatan seperti dulu,” ujar Amin.

Lebih lanjut Amin mengimbau kepada masyarakat untuk tidak percaya iming-iming kelusulan CPNS dari oknum atau calo yang tidak bertanggung jawab. Sebab tes CPNS dan PPPK digelar secara terbuka dan transparan. Tes dilakukan melalui Computer Assisted Test (CAT) yang hasilnya dapat diketahui peserta setelah mengerjakan soal.

BACA JUGA : Ingin Mendaftar CPNS? Simak dulu Syarat Umumnya

“Kami pastikan bahwa prosesnya [tes CPNS dan PPPK] terbuka, transparan, dan akuntabel,” tandas Amin.