Advertisement

Data Terbaru: 4 RT di Sleman Masuk ke Zona Merah, 9 Oranye, Ini Lokasinya

Newswire
Sabtu, 05 Juni 2021 - 11:37 WIB
Bhekti Suryani
Data Terbaru: 4 RT di Sleman Masuk ke Zona Merah, 9 Oranye, Ini Lokasinya Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN--Sejumlah wilayah di sleman masuk ke dalam zona merah penularan Covid-19 berdasarkan data terbaru.

Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta mencatat berdasarkan pendataan yang dilakukan pada hingga 30 Mei 2021 terdapat empat wilayah rukun tetangga (RT) di wilayah setempat yang masuk dalam zona merah penyebaran COVID-19 dan sembilan RT masuk zona oranye.

Advertisement

"Dari pendataan tingkat penyebaran COVID-19 hingga 30 Mei di Sleman terdapat empat RT berada dalam zona merah dan sembilan RT berada dalam zona oranye, 509 RT berada dalam zona kuning, dan 7.410 RT lainnya berada dalam zona hijau," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman Joko Hastaryo di Sleman, Sabtu (5/6/2021).

Menurut dia, kriteria penentuan zonasi RT tersebut yakni untuk zona merah jika lebih dari lima rumah di lingkungan RT terdapat keluarga yang terpapar COVID-19, sedangkan untuk zona oranye jika tiga hingga lima rumah yang terpapar COVID-19.

BACA JUGA: Batal Berangkat ke Tanah Suci, 5 Calhaj Asal Kulonprogo Cabut Biaya Pelunasan Haji

'Sementara untuk zona kuning satu hingga dua rumah dalam satu RT yang terpapar COVID-19, sedangkan zona hijau tidak ada keluarga atau rumah dalam satu RT yang terpapar COVID-19," katanya.

Ia mengatakan, untuk empat RT di Kabupaten Sleman yang berstatus zona merah yakni satu RT di Kelurahan Caturtunggal, Kecamatan Depok, satu RT di Kelurahan Caturharjo, Kecamatan Sleman.

"Sedangkan dua RT lainnya yang berstatus zona merah berlokasi di Kelurahan Umbulmartani, Kecamatan Ngemplak," katanya.

Joko mengatakan, untuk RT yang berada dalam zona oranye berlokasi di Kelurahan Caturtunggal, Depok ada empat RT, Kelurahan Balecatur, Gamping satu RT, Kelurahan Sidoagung, Godean satu RT, Kelurahan Sidomoyo, Godean satu RT, Kelurahan Sumberrejo, Tempel satu RT dan Kelurahan Widodomartani, Ngemplak satu RT.

Sementara itu untuk zonasi COVID-19 tingkat kelurahan, Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman tidak ada kelurahan di Kabupaten Sleman yang berstatus zona merah dan sembilan kelurahan zona oranye.

Ia mengatakan, untuk kelurahan yang masuk dalam zona oranye COVID-19 meliputi sembilan kelurahan yakni Kelurahan Ambarketawang dan Balecatur di Kapanewon (Kecamatan) Gamping), Kelurahan Caturtunggal di Kecamatan Depok, Kelurahan Caturharjo, Kecamatan Sleman, Kelurahan Sidoagung dan Sidomoyo di Kecamatan Godean.

"Selain itu Kelurahan Sariharjo di Kecamatan Ngaglik, Kelurahan Sumberrejo, Kecamatan Tempel serta Keluragan Umbulmartani dan Widodomartani di Kecamatan Ngemplak," katanya.

Ia mengatakan, saat ini di Sleman terdapat delapan kelurahan yang masuk zona hijau meliputi Kelurahan Wukirsari dan Glagaharjo di Kecamatan Cangkringan, Kelurahan Tamanmartani, Kecamatan Kalasan, Kelurahan Sendangmulyo dan Sendangarum di Kecamatan Minggir.

Kemudian Kelurahan Bimomartani di Kecamatan Ngemplak, Kelurahan Pakembinangun Kecamatan Pakem, Kelurahan Pondokrejo Kecamatan Tempel, Kelurahan Girikerto dan
Wonokerto Kecamatan Turi serta Kelurahan Gayamharjo dan Wukirharjo, Kecamatan Prambanan.

"Sedangkan 69 kelurahan sisanya masuk zona kuning COVID-19," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement