Dalam Sehari, 139 Warga Sleman Terpapar Covid-19

Ilustrasi. - Freepik
07 Juni 2021 00:17 WIB Abdul Hamied Razak Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN- Dalam sehari, terdapat penambahan 139 pasien baru yang terpapar Covid-19 di Sleman. Ini kasus tertinggi yang terjadi pada awal Juni ini.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Sleman Shavitri Nurmala Dewi mengatakan berdasarkan data persebaran Covid-19 di Sleman per 6 Juni terdapat penambahan jumlah kasus baru terkonfirmasi Covid-19 di Sleman sebanyak 139 kasus. Adapun kasus sembuh tercatat 94 kasus dan pasien yang meninggal dunia terdapat satu kasus.

"Kami berharap agar masyarakat meningkatkan protokol kesehatan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19," katanya, Minggu (6/6/2021).

Baca juga: Indonesia Kedatangan 313.100 Dosis Vaksin AstraZeneca

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sleman Joko Hastaryo mengatakan berdasarkan peta epidemologi Covid-19 untuk tingkat RT per 30 Mei terdapat empat RT di Sleman yang masuk zona merah. Keempat RT yang masuk zona merah berada di Kalurahan Caturharjo (Sleman) dan Caturtunggal (Depok).

"Dua RT lainnya berada di Umbulmartani Ngemplak. Sembilan RT berada dalam zona oranye, 509 RT berada dalam zona kuning, dan 7.410 RT lainnya berada dalam zona hijau," kata Joko.

Dijelaskan Joko, sembilan RT yang berada dalam zona oranye berada di Kelurahan Caturtunggal, Depok (4 RT), Kelurahan Balecatur, Gamping, Kelurahan Sidoagung dan Kelurahan Sidomoyo, Godean, Kelurahan Sumberrejo, Tempel dan Kelurahan Widodomartani, Ngemplak masing-masing satu RT.

Menurut Joko, kriteria penentuan zonasi RT masih berdasarkan Instruksi Bupati Sleman terkait penerapan PPKM Mikro di mana RT masuk zona merah jika lebih dari lima rumah dalam satu RT yang terpapar Covid-19. Adapun RT masuk zona oranye jika penularan Covid-19 terjadi di tiga hingga lima rumah dalam satu RT.

Untuk RT zona kuning jika terjadi satu hingga dua rumah yang terpapar Covid-19 sementara RT zona hijau tidak ada warga dalam satu RT yang terpapar Covid-19. "Tidak ada kelurahan yang berstatus zona merah tetapi ada sembilan kelurahan yang masuk zona oranye," jelasnya.

Kalurahan yang masuk dalam zona oranye meliputi Kalurahan Ambarketawang dan Balecatur (Gamping), Caturtunggal (Depok), Caturharjo (Sleman), Sidoagung dan Sidomoyo (Godean). Selain itu Sariharjo (Ngaglik), Sumberrejo (Tempel) serta Umbulmartani dan Widodomartani (Ngemplak).