Dinyatakan Sehat, 44 Warga Sleman yang Isolasi di Gemawang Dijemput Pulang

Foto ilustrasi. - Antara Foto/Novrian Arbi
07 Juni 2021 03:17 WIB Abdul Hamied Razak Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN- Sebanyak 44 orang warga dari Nglempong (Umbulmartani) dan Papringan (Caturtunggal) dijemput oleh Satgas Covid-19 masing-masing dusun setelah menjalani isolasi di Rusunawa Gemawang, Minggu (6/6/2021).

Penanggungjawab Fasilitas Kesehatan Darurat Covid-19 (FKDC) Sleman Makwan mengatakan ke 44 warga dari dua dusun tersebut dinyatakan sehat setelah menjalani masa karantina selama 10 hari di FKDC Rusunawa Gemawang. "Jadi mereka sudah dinyatakan sehat dan tidak perlu dirujuk ke rumah sakit," kata Makwan.

Dijelaskan Makwan, ke 44 pasien yang telah dipulangkan tersebut enam orang di antaranya masuk kategori non klaster. Adapun warga Nglempong yang dipulangkan sebanyak 26 orang dan warga Papringan yang dijemput oleh Satgas Dusun sebanyak 12 orang.

Baca juga: Indonesia Kedatangan 313.100 Dosis Vaksin AstraZeneca

"Saat ini pasien di FKCD Rusunawa Gemawang tinggal 12 orang sementara di Asrama Haji terisi 42 orang yang masih menjalani isolasi," katanya.

Dijelaskan Makwan, warga yang menjalani isolasi di FKCD bukan dihinakan tetapi disembuhkan agar raga yang lain tidak tertular. "Jadi terpapar Covid19 bukan hina, jangan kendor tegakkan prokes. Minggu depan kami akan lakukan aktivasi shelter UII, ada sebanyak 72 bed yang disediakan," kata Makwan.

Kepala UPT Puskesmas Ngemplak I, Seruni Anggreni Susila membenarkan 26 warga Dusun Nglempong yang sudah menyelesaikan masa karantina di FKDC Rusunawa Gemawang. Warga yang dinyatakan sehat secara bertahap pun dipulangkan.

"Mereka yang dibolehkan pulang masih melanjutkan sisa isolasi di rumah masing-masing. Setidaknya empat hari lagi," ujarnya.

Hingga kini dari total 62 warga yang terkonfirmasi positif Covid-19 tercatat 26 orang menyelesaikan masa isolasi. Adapun empat orang masih berada di rumah sakit dan sisanya menjalani isolasi mandiri di rumah. "Mereka yang masih dirawat bergejala sedang. Mudah-mudahan cepat sembuh dan kembali ke rumah masing-masing," harapnya.