Advertisement

Warga Miskin di Sleman Dapat Ajukan Jaringan Pengaman Sosial

Abdul Hamied Razak
Selasa, 08 Juni 2021 - 20:07 WIB
Bhekti Suryani
Warga Miskin di Sleman Dapat Ajukan Jaringan Pengaman Sosial Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa saat menyerahkan bantuan JPS, Selasa (8/6 - 2021). Ist

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN- Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa menyerahkan bantuan kursi roda kepada warga kurang mampu di Kebonagung, Tridadi, Sleman, Selasa (8/6/2021). Bantuan tersebut berasal dari program Jaringan Pengaman Sosial (JPS) Dinas Sosial (Dinsos) Sleman.

Bantuan tersebut diserahkan kepada sepasang suami-istri, Sutopo dan Sriyati. Pasangan lansia tersebut tengah mengalami penyakit kronis diabetes dan juga katarak, sehingga susah untuk beraktifitas. "Ini merupakan wujud kehadiran Pemkab Sleman untuk membantu masyarakat kurang mampu yang tengah mengalami sakit," kata Danang.

Advertisement

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sleman, Eko Suhargono mengatakan pemberian bantuan tersebut menindaklanjuti permohonan JPS yang diajukan pihak keluarga kepada Dinsos. "JPS ini sifatnya tanggap darurat bagi warga Sleman yang miskin dan rentan miskin," ujarnya.

Eko menjelaskan masyarakat yang merasa membutuhkan alat bantu kesehatan bisa mengajukannya permohonan ke Dinsos. Alokasi dana JPS untuk tahun ini pun dianggarkan Rp10 miliar. Adapun syarat pengajuannya yakni harus mendapatkan rekomendasi dari dokter. Selanjutnya dari Dinsos akan melakukan Verval (Verifikasi dan Validasi) serta MPM (Mekanisme Pemutakhiran Mandiri).

BACA JUGA: Meski Kasus Covid-19 DIY Masih Tinggi, Pemda Tak Akan Tes Acak di Perbatasan

"Kami lihat nanti kebutuhannya itu apa. Agar nanti yang kita berikan juga bermanfaat bagi pemohon bantuan," jelas Eko.

Program JPS kata Eko diatur dalam Perbup Sleman No.4.3/2020 Tentang Jaring Pengaman Sosial. Dalam Perbup tersebut masyarakat miskin dan rentan miskin dapat mengajukan permohonan bantuan guna meringankan berbagai macam permasalahannya baik dalam bidang kesehatan, bidang pendidikan dan bidang sosial.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kemendagri Sebut Dana Desa Bisa Digunakan untuk Pemberantasan Narkoba

News
| Selasa, 23 April 2024, 14:27 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement