Warga Miskin di Sleman Dapat Ajukan Jaringan Pengaman Sosial

Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa saat menyerahkan bantuan JPS, Selasa (8/6 - 2021). Ist
08 Juni 2021 20:07 WIB Abdul Hamied Razak Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN- Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa menyerahkan bantuan kursi roda kepada warga kurang mampu di Kebonagung, Tridadi, Sleman, Selasa (8/6/2021). Bantuan tersebut berasal dari program Jaringan Pengaman Sosial (JPS) Dinas Sosial (Dinsos) Sleman.

Bantuan tersebut diserahkan kepada sepasang suami-istri, Sutopo dan Sriyati. Pasangan lansia tersebut tengah mengalami penyakit kronis diabetes dan juga katarak, sehingga susah untuk beraktifitas. "Ini merupakan wujud kehadiran Pemkab Sleman untuk membantu masyarakat kurang mampu yang tengah mengalami sakit," kata Danang.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sleman, Eko Suhargono mengatakan pemberian bantuan tersebut menindaklanjuti permohonan JPS yang diajukan pihak keluarga kepada Dinsos. "JPS ini sifatnya tanggap darurat bagi warga Sleman yang miskin dan rentan miskin," ujarnya.

Eko menjelaskan masyarakat yang merasa membutuhkan alat bantu kesehatan bisa mengajukannya permohonan ke Dinsos. Alokasi dana JPS untuk tahun ini pun dianggarkan Rp10 miliar. Adapun syarat pengajuannya yakni harus mendapatkan rekomendasi dari dokter. Selanjutnya dari Dinsos akan melakukan Verval (Verifikasi dan Validasi) serta MPM (Mekanisme Pemutakhiran Mandiri).

BACA JUGA: Meski Kasus Covid-19 DIY Masih Tinggi, Pemda Tak Akan Tes Acak di Perbatasan

"Kami lihat nanti kebutuhannya itu apa. Agar nanti yang kita berikan juga bermanfaat bagi pemohon bantuan," jelas Eko.

Program JPS kata Eko diatur dalam Perbup Sleman No.4.3/2020 Tentang Jaring Pengaman Sosial. Dalam Perbup tersebut masyarakat miskin dan rentan miskin dapat mengajukan permohonan bantuan guna meringankan berbagai macam permasalahannya baik dalam bidang kesehatan, bidang pendidikan dan bidang sosial.