Pasien Covid Lebih dari 50 Orang, Bantul Prioritaskan Vaksinasi 7 Kapanewon

Ilustrasi vaksinasi Covid-19. - Harian Jogja/Desi Suryanto
09 Juni 2021 05:07 WIB Jumali Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL - Pemerintah Kabupaten Bantul akan memprioritaskan vaksinasi Covid-19 untuk tujuh kapanewon di wilayahnya yang memiliki pasien positif berjumlah lebih dari 50 orang.

Selain vaksinasi, Pemkab juga terus memaksimalkan sosialisasi 5 M dan gerakan 3 T yakni Testing, Testing dan Treatmen sebagai upaya pencegahan penularan Covid-19.

Wakil Bupati Bantul sekaligus Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Bantul, Joko B Purnomo mengungkapkan tujuh kapanewon yang memiliki pasien positif Covid-19 di atas 50 antara lain, Kasihan, Pandak, Sewon, Banguntapan, Jetis, Imogiri dan Sedayu.

Nantinya, gugus tugas akan turun ke masyarakat untuk vaksinasi dan sosialisai 5 M dan 3 T. "Nanti kami juga akan libatkan SAR Satlinmas, FPRB," kata Joko, Selasa (8/6/2021).

Baca juga: Terdampak Covid-19, PAD Sleman Turun Drastis

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Bantul, Agus Budi Raharja menyatakan sasaran vaksinasi untuk tujuh kapanewon yang memiliki pasien positif diatas 50 orang akan lebih dititik beratkan kepada lansia dan pralansia serta pelayan publik. Sebab tiga kelompok ini dinilai sangat rawan terpapar Covid-19.

"Untuk vaksinnya akan menggunakan AstraZaneca. Selain turun ke kampung-kampung, kami juga menyasar pedagang pasar," terang Agus.

Lebih lanjut Agus memaparkan saat ini Pemkab Bantul telah mendapatkan pasokan 30.000 vaksin. Saat ini sudah sebanyak 1.200 sasaran telah tervaksin.

"Oleh karena itu kami lakukan percepatan vaksinasi," ungkap Agus.