Advertisement

Siap-Siap! Bupati Kustini Bakal Rombak Pejabat di Pemkab Sleman

Abdul Hamied Razak
Kamis, 10 Juni 2021 - 19:27 WIB
Bhekti Suryani
Siap-Siap! Bupati Kustini Bakal Rombak Pejabat di Pemkab Sleman Pemkab Sleman - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN- Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo bersiap melakukan pergeseran dan rotasi pejabat. Pelantikan pejabat baru di lingkungan Pemkab tinggal menunggu persetujuan dari Pusat.

Menurut Kustini, Pemkab sudah mengajukan izin untuk melakukan pelantikan pejabat eselon II. Hal ini dilakukan untuk mengisi kekosongan jabatan di sejumlah dinas. Pelantikan sendiri akan digelar setelah enam bulan ia dilantik sebagai bupati. "Permohonan izin sudah diajukan namun kami belum mendapat surat balasan, di ACC atau tidak masih belum tahu," kata Kustini, Kamis (10/6/2021).

Advertisement

Kekosongan jabatan saat ini, katanya, menyebabkan sejumlah kepala organisasi perangkat daerah (OPD) merangkap jabatan. Kondisi tersebut terjadi sejak sekitar 1,5 tahun lamanya. Meski mengaku kekosongan jabatan tidak mengganggu jalannya pemerintahan, namun Kusniti menilai pengisian jabatan di masing-masing OPD tetap perlu dilakukan.

BACA JUGA: Duh...Hari Ini Ditemukan 455 Kasus Baru Covid-19 di DIY

"Mesti kosong, ada Plt yang mengisi jadi tidak mengganggu kinerja organisasi. Yang (jabatan) pokok-pokok kami ajukan untuk diisi (termasuk rotasi pejabat). Jadi nunggu izin dulu ya," katanya.

Sekda Sleman Harda Kiswaya mengatakan Pemkab sudah menggelar lelang jabatan untuk dua SKPD, yakni Dinas Pariwisata dan Dinas Pertanahan dan Tata Ruang. Tiga nama calon pejabat eselon II di masing-masing SKPD tersebut sudah diajukan ke bupati untuk dipilih salah satunya.

Untuk tiga nama orang yang lolos di Dinas Pariwisata masing-masing Inspektur Pembantu Bidang Kesejahteraan Rakyat Inspektorat Sleman Aisyah Inayati Suryani, Kabag Humas dan Protokol Sleman Shavitri Nurmala Dewi dan Panewu Cangkringan Suparmono.

Adapun Calon Kepala Dinas Pertanahan dan Tata Ruang masing-masing Inspektur Pembantu Bidang Pemerintahan Inspektorat Sleman Ishadi Zayid, Kepala BLP Sleman Mirza Anfansury dan Kepala Bagian Pemerintahan Setda Sleman Samsul Bakri.

Selain itu, kata Harda, Pemkab juga melakukan sejumlah rotasi jabatan sejumlah pejabat. Salah satunya, kata Harda, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Sleman Jazim Sumirat. "Ada tiga nama yang sudah ikut tes. Ketiganya sudah diajukan ke Pusat. Entah yang nanti diterima siapa kami tidak tahu," katanya.

Adapun calon penggantinya, kata Harda sudah mengikuti tes jabatan pada pekan lalu. Masing-masing Plt Satpol PP Sleman Susmiarto, Kepala Dinas Kominfo Sleman Eko Suryo Prihantoro dan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sleman Agung Armawanta.

Selain melakukan sejumlah pergeseran pejabat, beberapa jabatan yang saat ini diisi oleh Plt juga akan didefenitifkan untuk mengisi SKPD yang kosong. "Yang jelas kalau sudah surat izin turun dari pusat, langsung akan dilantik. Mudah-mudahan tidak sampai tanggal 16 Juni," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jelang Lebaran, PLN Hadirkan 40 SPKLU Baru di Jalur Mudik untuk Kenyamanan Pengguna Mobil Listrik

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 11:07 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement